Ada Kampung Youtuber di Bondowoso

(Berita Terpercaya) – Daerah Bondowoso di Jawa Timur ternyata gudangnya youtuber sukses. Sejak ditangkapnya Direktur Aktual TV dengan pusat editing dan unggahan kontennya di Bondowoso, daerah tersebut menjadi perhatian masyarakat. Tak ayal, mereka yang penasaran ingin tahu lebih dalam tentang Kabupaten Bondowoso pun mencari sisik melik dan informasi.
Warga di Dusun Posong, Desa/Kecamatan Tapen, Bondowoso, misalnya seperti Angga, merupakan salah satu yang sukses menangguk rupiah dari unggahan akun youtube. Ia mampu membeli mobil.
Angga, tetangganya, dan warga lainnya di Bondowoso sudah bisa menikmati hasilnya. Bahkan hasil menjadi youtuber bisa membantu melunasi utang-utang mereka hingga ratusan juta rupiah.
Sebelumnya Desa/Kecamatan Tapen, Bondowoso kini bisa dibilang ‘Kampung youtuber’. Sebab, puluhan pemuda desa saat ini menjadi youtuber. Bahkan banyak yang berhasil secara finansial.
Para pemuda desa ini tinggal sekitar 15 kilometer dari Kota Bondowoso. Saat ini mereka tak lagi butuh merantau setamat sekolah. Karena, mereka banyak yang mencoba peruntungan dengan jadi youtuber. Hingga akhirnya kampungnya dikenal ‘Kampung youtuber’.
Secara materi, tak sedikit mereka yang menjadi jutawan. Memiliki mobil, motor, maupun benda berharga lainnya. Sebab, dengan jadi youtuber, mereka berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan.
Di sisi lain, muncul juga fitnahan atau isu yang dikaitkan dengan kekayaan yang muncul mendadak, misalnya isu mereka memelihara tuyul. Isu seperti itu juga melekat pada diri Angga.
Saya dikira memelihara pesugihan,” papar Angga, saat berbincang dengan wartawan, Selasa (19/10/2021).
Boleh jadi, bagi orang desa, mendadak kaya tanpa bekerja secara nyata merupakan hal yang mustahil. Tak masuk akal. Apalagi nilainya cukup fantastis, uang ratusan juta per bulan. Mereka menganggap tidak mungkin memiliki uang banyak tanpa bekerja, jika tidak memiliki pesugihan dan tuyul.
“Bagi warga kan aneh. Tak punya penghasilan tetap, serta tak memiliki sawah luas tiba-tiba punya mobil. Aneh bagi warga desa,” katanya sembari tersenyum.
Bagi warga soal internet maupun dunia maya merupakan hal baru. Kalaupun tahu, hanya sekadar melihat. Warga tidak mengetahui jika dari youtuber bisa menghasilkan uang.
“Warga kan tahunya saya tidak bekerja dan cuma diam di rumah saja. Tiba-tiba bisa beli mobil serta barang-barang lainnya yang bagi warga termasuk mewah,” pungkas Angga. (*/dtc)
foto : detikcom