kapal selam berpeluncur nuklir

Aktivitas Pembangunan Kapal Selam Korut Tampak di Citra Satelit

Memanasnya konflik terkait aktivitas nuklir di Korea Utara, memicu negara yang terisolasi tersebut membangun kapal selam berpeluncur nuklir. Citra satelit menunjukkan berlangsungnya perluasan konstruksi galangan kapal Sinpo  di pantai timur Korea Utara.

Melansir dari BBC.com, Korea Utara sejauh ini diketahui sudah memiliki kapal selam berpeluncur nuklir jarak jauh. Demikian juga dengan pangkalan peluncuran kapal selamnya yang saat ini juga sedang mengalami pembangunan secara agresif.kapal selam berpeluncur nuklir

 

Melalui citra satelit tahun 2017 ditunjukkan pergerakan berkelanjutan terkait keluar-masuk komponen dan suku cadang di kompleks sekitar galangan kapal. Tampak pula alat-alat berat dan struktur logam untuk bongkar muat berdaya raksasa telah dipindah-pindahkan.

Selain di sekitar galangan kapal, pembangunan juga berlangsung di daerah tempat uji coba rudal. Tampak bahwa di tempat tersebut dibangun fasilitas yang mirip dengan model peluncuran yang meniru dari peluncuran dengan kapal selam.

kapal selam berpeluncur nuklir

 

Ambisi Korut dalam Pembangunan Fasilitas Kapal Selam Berpeluncur Nuklir

Namun demikian penilaian dan analisis terlalu sulit jika hanya mengandalkan dari citra satelit saja. Hal ini mengingat cepatnya aktivitas pengembangan rudal Korut sudah melampaui perkiraan para pakar dan para analis.

kapal selam berpeluncur nuklir

Pembangunan fasilitas kapal selam tersebut dinilai merupakan ambisi strategis Korut dan indikator atas enggannya Korut untuk menanggalkan senjata. Sementara meluncurkan rudal jarak jauh dari kapal selam yang sedang menyelam adalah tantangan tersendiri. Hal ini mengingat kapal selam dan program peluncuran rudal dari tengah laut Korut juga belum beroperasi.


kapal selam berpeluncur nuklir