aplikasi sipatuh

Aplikasi Sipatuh untuk Cegah Penipuan Umrah

[Berita Terpercaya] Upaya pencegahan penipuan perjalanan umroh dilakukan pemerintah melalui Kementerian Agama dengan meluncurkan aplikasi yang dinamakan “Sipatuh”. Aplikasi Sipatuh itu sendiri saat ini masih dalam pengembangan dan regulasinya pun sedang disiapkan. Demikian hal tersebut dikemukakan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta pada Rabu (03/01).

Nama Sipatuh tersebut juga merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji. Rencananya aplikasi tersebut wajib digunakan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Diwajibkan terutama kepada PPIU yang menawarkan paket-paket program serta registrasi calon jamaah umrah.

Melalui aplikasi tersebut PPIU wajib mengisikan data calon jamaah. Berikutnya setiap jamaah akan mendapatkan nomor registrasi yang dapat dipantau secara terbuka oleh masyarakat. Jamaah juga dapat memantau terkait keberangkatannya, tiket, maskapai, hotel serta visa yang akan dipakainya. Kemenag juga akan memberi peringatan kepada PPIU jika dalam 10 hari jelang keberangkatan visa jamaah umrah belum disediakan oleh PPIU.

Mau tidak mau PPIU juga harus patuh dalam pengisian pada aplikasi tersebut karena itu akan menentukan akreditasi dari PPIU itu sendiri. Apabila terpantau kinerja PPIU nya tidak baik, maka pemerintah akan mencabut izinnya.

 

Aplikasi Sipatuh bagi Perlindungan Jamaah Umrah

Melalui aplikasi Sipatuh pergerakan jamaah dapat termonitor secara online. Pemerintah juga dapat mengawasi jamaah yang dikelola para biro umrah tersebut. Berapa jamaah yang akan berangkat kembalinya juga harus sama. Demikian juga dengan hotel dan maskapai apa yang akan diberikan semuanya dapat terpantau oleh pemerintah.

Dikembangkannya aplikasi Sipatuh ke depannya juga akan mendorong terwujudnya sistem informasi satu pintu. Kondisi tersebut tentunya akan sangat diperlukan dalam upaya melindungi para jamaah umrah.

Adanya sistem yang bersifat transparan dan akuntabel tersebut diharapkan mampu mendorong kinerja PPIU menjadi lebih baik lagi. Demikian pula dengan harapan agar penelantaran dan penipuan terhadap para jamaah dapat lebih ditekan lagi.