perempuan transgender

Larangan Bertanding dalam Liga Rugby Putri Australia bagi Perempuan Transgender

Kali ini mereka yang memiliki status perempuan transgender di Australia harus menerima larangan untuk bertanding dalam Liga Rugby Putri. Pertimbangannya adalah kondisi fisik dan kekuatannya yang berbeda jika dibandingkan dengan pemain putri lainnya.

Melansir dari pemberitaan BBC.com, larangan dari AFL (Otorita Liga Rugby Australia) tersebut dinilai sebagai langkah mundur. AFL juga justru dituduh karena tidak memiliki petunjuk yang jelas. Hal ini disampaikan Brett Murphy, Manajer Asosiasi Pemain AFL.

Hannah Mouncey, Perempuan Transgender yang Dilarang Bermain Rugby dalam Liga Rugby Putri di Australia

Situasi tersebut memang sedang dialami oleh Hannah Mouncey, seorang perempuan transgender yang ingin bermain rugby. Semula ia atlet bola tangan, karena ada keinginan untuk bermain rugby, ia berganti jenis kelamin. Mouncey mengaku kecewa atas putusan tersebut karena diumumkannya hanya sehari jelang pemilihan pemain secara nasional.

AFL memang juga memberikan kesempatan bagi Mouncey agar kelak dapat mengajukan permohonan lagi untuk turun dalam liga rugby. Mouncey juga tetap dapat bermain dalam kejuaraan rugby di tingkat wilayah Canberra.

Sebelumnya AFL memang mendapat pujian karena mempelopori adanya liga rugby putri semiprofesional. Mengingat rugby merupakan cabang yang didominasi oleh kaum pria.

baca juga >>> 23 Negara yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018