badai tropis ava

Badai Tropis Ava Telan 29 Korban Jiwa di Madagaskar

[Berita Terpercaya] Reuters melaporkan amukan Badai Tropis  Ava yang melanda timur Madagaskar pada akhir pekan lalu. Sedikitnya 29 orang dilaporkan tewas dan melukai tiga orang lainnya. Akibat hantaman Badai Tropis Ava tersebut dua orang juga dilaporkan masih hilang. Demikian hal itu dikatakan Melisa Venance, Pejabat Komunikasi Kantor Nasional Manajemen Risiko dan Bencana setempat.

Badai Tropis Ava melewati Madagaskar pada hari Jumat dan Sabtu. Memukul sebagian besar pantai timur pulau Madagascar dengan kecepatan angin antara 140-190 kpj.

Dilaporkan juga bahwa di antara mereka yang tewas terdapat delapan orang dari sebuah keluarga yang sedang berkabung. Mereka dilaporkan tengah berada di sebuah pemakaman. Rumah mereka juga diinformasikan telah dilanda tanah longsor.

Mayat mereka dicari sepanjang malam, tidak ketinggalan pula 1 di antaranya adalah seorang bayi yang masih berusia 11 bulan. Beberapa waktu kemudian pencarian menemukan hasil dan mayat-mayat dari keluarga tersebut ditemukan di bawah reruntuhan pada Senin pagi.

Kantor Nasional Manajemen Risiko dan Bencana di Madagascar pada Senin lalu menyatakan sedikitnya terdapat enam korban tewas. Lebih dari 13.000 orang mengungsi dan lebih dari 16.000 murid diliburkan sampai Kamis, karena banjir dan risiko tanah longsor .

 

Serangan Topan Enawo Tahun Lalu

Topan Enawo juga menyerang Madagaskar pada Maret 2017 lalu. Topan itu menewaskan setidaknya 78 orang di pesisir timur yang terkenal dengan memproduksi vanili.

Terjangan Topan Enawo yang terjadi pada tahun lalu tersebut merusak sekitar 30 persen lahan pertanian penghasil vanili terbesar di dunia. Daerah penghasil vanili yang terdampak Enawo tersebut juga diketahui merupakan penyumbang hampir setengah dari panen vanili di dunia.

Georges Geeraerts, presiden kelompok eksportir vanili, mengatakan kepada Reuters bahwa topan Ava belum menyentuh daerah penghasil vanili. Terkait bencana tersebut juga dilaporkan tidak ada dampaknya pada produksi.


Badai Tropis Ava