berlian untuk layar smartphone

Akhan Semiconductor Bakal Pelopori Smartphone dengan Layar Berlian

[Berita Terpercaya] Akhan Semiconductor dilaporkan akan memulai untuk pertama kalinya  dalam menggunakan material berlian untuk layar smartphone. Perusahaan tersebut dikabarkan akan membenamkan teknologi tersebut pada smartphone terbaru yang akan dirilis pada 2019 mendatang.

Material berlian diyakini memiliki kekuatan lebih baik dan lebih keras dibandingkan kebanyakan layar smarphone yang banyak beredar saat ini. Teknologi penggunaan material tersebut memiliki julukan “Mirage Diamond Glass”, penggunaan berlian yang diproduksi dari laboratorium.

Sebagaimana dilaporkan cnet.com, bahwa berlian yang digunakan dalam smartphone menggunakan nanocrystal, yang ditujukan untuk mengurangi kerusakan pada layar. Akhan Semiconductor juga berencana untuk membuat kaca berlian yang cukup untuk 10 hingga 30 juta ponsel.

baca juga >>> Berhenti Menambang Bumi, Produk Apple Gunakan Bahan Daur Ulang

Mengapa Material Berlian untuk Layar Smartphone?

Meskipun ada kemajuan dalam penggunaan ketahanan kaca, layar smartphone masih dimungkinkan untuk retak karena benturan. Demikian halnya dengan kerusakan layar akibat goresan dari benda-benda seperti kunci kontak kendaraan. Demikian hal itu diungkapkan Adam Khan, CEO Akhan Semiconductor.

Sementara berlian itu sendiri merupakan salah satu zat terkuat yang ada di Bumi. Membenamkannya ke bagian atas layar seperti pada Gorilla Glass atau atau bahkan pada kaca biasa yang tidak diperkuat dapat menjadikan layar ponsel 6 kali lebih kuat dan 10 kali lebih keras.  Selain itu menurut Khan, kristal berlian juga deiketahui dapat menahan layar ponsel dari kotoran dan air.

Menurut laporan, saat ini Akhan Semiconductor juga masih menguji ketahanan serta konduktivitas penggunaan material berlian tersebut untuk fungsi touch screen. Termasuk juga pantulan cahaya yang disebabkan, apakah terlalu menyilaukan atau tidak.