berstandar euro IV

Produksi Toyota Indonesia Sudah Siap untuk Yang Berstandar Euro IV

[Berita Terpercaya] Dilaporkan bahwa sampai saat ini semua mesin bensin yang dijual Toyota Indonesia untuk pangsa pasar dalam negeri masih memiliki standar uji emisi Euro II. Namun demikian pihak Toyota Indonesia memastikan bahwa kemampuan manufaktur Toyota Indonesia sudah mampu menghadirkan mesin mobil yang berstandar Euro IV.

Sementara diketahui terhitung mulai September 2018 ini, semua mobil baru dengan mesin bensin yang akan dipasarkan dalam negeri sudah harus berstandar Euro IV. Demikian hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Standar Emisi Euro IV.

Sampai saat ini dilaporkan pihak pemerintah memang masih memberikan kesempatan bagi para produsen. Hal itu dilakukan agar memberi ruang bagi pihak produsen untuk menghabiskan lebih dulu stok yang berstandar Euro II namun sudah masuk dalam rencana produksi.

Saat memasuki masa yang ditentukan, produsen harus siap untuk memasarkan standar Euro IV untuk penjualan dalam negeri. Demikian hal itu dikemukakan oleh Presiden Direktur PT Toyota Manfacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono pada Jumat (25/2).

baca: Peluncuran Toyota C-HR Pekan Depan, Makin Marakkan Segmen SUV

Harga Jual Mesin Bensin yang Berstandar Euro IV

Selanjutnya apakah harga jualnya akan jauh lebih tinggi dengan model yang sudah berstandarkan Euro IV, Warih mengungkapkan hal itu sudah menjadi ranah dari Toyota Astra Motor (TAM). Mengingat TAM merupakan pihak yang memang bersentuhan langsung dengan para calon konsumen.

Dikemukakan pula oleh Warih, biaya produksinya sendiri untuk mesin yang berstandar Euro IV tidak terlalu mahal. Meskipun memang tidak dipungkiri ada perbedaan harga antara Euro II dan yang sudah berstandarkan Euro IV. Ia mengatakan rantang harganya tidak terpaut terlalu jauh, pasalnya pihaknya telah banyak mengekspor model Euro IV ke negara-negara lain. Bahkan pula untuk mesin-mesin yang sudah berstandarkan Euro VI. Demikian hal itu ditambahkan Warih.


Courtesy: Kompas.com. Artikel di atas telah ditayangkan dengan judul “Semua Model Toyota Siap Euro 4, Harga Bisa Naik?”.