bintang baru

Bintang Baru Dikelilingi Delapan Planet Ditemukan

[Berita Terpercaya] NASA telah menemukan sebuah bintang baru yang jauh dan dikitari oleh delapan planet. Posisinya sama dengan pelengkap seperti pada sistem tata surya yang kita miliki. Ini adalah bintang dengan jumlah terbesar planet yang pernah ditemukan di sistem planet di luar rumah kita.

Bintang yang dikenal sebagai Kepler-90, hanya sedikit lebih panas dan lebih besar dari Matahari. Para astronom sudah mengenali tujuh planet di sekitarnya. Dunia yang baru ditemukan tersebut cukup kecil untuk berbatu, menurut para ilmuwan.

“Ini membuat Kepler-90 menjadi bintang pertama yang menampung banyak planet seperti Tata Surya kita sendiri,” kata Christopher Shallue.¬† Christopher Shallue adalah seorang insinyur perangkat lunak di Google, yang berkontribusi terhadap penemuan tersebut.

 Bintang Baru Berukuran 7 kali Bumi membuat rekor

Insinyur dari Google menggunakan jenis kecerdasan buatan (AI) untuk yang disebut dengan teknik pembelajaran mesin. Teknik ini digunakan untuk menemukan planet yang tidak terjawab oleh pencarian sebelumnya. Penemuan ini didasarkan pada pengamatan yang dikumpulkan oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA.

Bintang induknya sangat jauh, letaknya sejauh 2.545 tahun cahaya. Tapi sistem planetnya memang sangat mirip dengan sistem planet pada dunia kita.

Andrew Vanderburg, co-penemu di University of Texas di Austin, mengatakan: “Sistem bintang Kepler-90 seperti versi mini Tata Surya kita. Anda memiliki planet-planet kecil di dalam dan planet-planet besar di luar, tapi semuanya tampak seperti mengerut jauh lebih dekat.”

Lebih jelasnya, jarak dari planet terluar yang mengorbit Kepler-90 berada pada pada jarak yang sama dengan Bumi dari Matahari. Itulah mengapa disebut dengan versi mini tata surya kita. Begitu dekatnya dengan bintang, maka dunia baru tersebut memiliki suhu permukaan panas yang terik, sekitar 425C.

bintang baru
Kepler-90 Solar System, by: NASA

Teknik pembelajaran mesin juga digunakan untuk menemukan planet seukuran Bumi yang baru, yang disebut Kepler 80g, mengelilingi bintang yang berbeda.

Sekitar 3.500 eksoplanet – dunia yang mengelilingi bintang lain – telah didokumentasikan dalam beberapa dekade terakhir.