Calon Tunggal Panglima TNI, Kepemimpinan Baru Kawal Netralitas TNI

[Berita Terpercaya] Pilihan calon tunggal Panglima TNI telah dijatuhkan oleh Presiden Jokowi. Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat sebagai KSAU, adalah sosok yang dipilih oleh Presiden. Posisinya yang saat ini sebagai calon tunggal, secara normatif bakal menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018.

Berbagai isu terkait netralitas TNI pun mulai banyak disorot publik terkait pemangku jabatan Panglima TNI ke depan. Tidak sedikit pula kalangan yang menilai bahwa pemilihan Marsekal Hadi Tjahjanto tersebut sudah sangat tepat. Lalu siapa sebenarnya sosok calon tunggal Panglima TNI tersebut?

Marsekal Hadi Tjahjanto tidak datang dari kalangan elit militer. Lahir di Malang pada 8 November 1963, memiliki ayah seorang kopral dan ibunya berjualan rujak cingur (liputan6.com). Karirnya sebagai prajurit ia rintis dari bawah hingga akhirnya sampai pada pucuk pimpinan sebagai Kepala Staf Angkatan Udara. Ia juga dinilai dapat berdiri di atas semua golongan dan dikenal sebagai sosok yang netral. Demikian hal ini diungkapkan Connie Rahakundini Bakrie, pengamat militer.

 

Calon Tunggal Panglima TNI Diharapkan Kawal Netralitas TNI

Harapan ke depannya adalah netralitas TNI merupakan hal yang tidak dapat ditawar, termasuk di dalamnya tidak berpolitik praktis. Mengingat tugas Panglima bukan porsinya untuk mengurusi politik praktis. Tugas Panglima TNI tidak lain adalah untuk mengambil keputusan strategis terkait pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pernah diwacanakan saat awal-awal reformasi, bahwa pergantian jabatan sebagai panglima TNI dilakukan secara bergantian dari kepala-kepala staf TNI yang ada. Namun tidak dipungkiri bahwa pemilihan panglima juga merupakan hak prerogatif presiden. Sementara penentuan jabatan panglima sangat dipengaruhi oleh dinamika yang ada, sehingga sampai saat belum bisa diwujudkan.

Adapun sosok Hadi Tjahjanto bukanlah sosok asing bagi keseharian Presiden Jokowi. Jabatan sebagai Sekretaris Militer Presiden pun pernah diembannya. Hadi Tjahjanto dianggap sebagai sosok yang cakap dan sangat memenuhi syarat untuk menjadi Panglima TNI. Presiden Jokowi pun juga yakin dengan keputusannya, Hadi Tjahjanto dinilai Presiden memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan yang kuat.


calon tunggal panglima TNI