Dihukum 6 Tahun Penjara, Zumi Pasrah dan Menerima Putusan Hakim

(Berita Terpercaya) – Hukuman penjara 6 tahun dan denda Rp 500 juta adalah vonis yang diterima Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola. “Mengadili, menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” ujar ketua majelis hakim Yanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Pasrah , Zumi menyatakan menerima putusan ini. “Yang mulia, setelah saya berkonsultasi, saya ucapkan terima kasih dan saya menyatakan menerima,” ujar Zumi kepada majelis hakim. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa, delapan tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Putusan hakim didasarkan fakta bahwa Zumi menerima gratifikasi sebesar lebih dari Rp 40 miliar. Zumi juga menerima 177.000 dollar Amerika Serikat dan 100.000 dollar Singapura. Selain itu, Zumi menerima 1 unit Toyota Alphard dari kontraktor. Dan hasil gratifikasi itu digunakan untuk kepentungan pribadi dan keluarganya.

Menurut hakim, Zumi terbukti melanggar Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 jo Pasal 65 Ayat 1 KUHP. Suap anggota DPRD Dalam kasus ini, Zumi juga terbukti menyuap 53 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, serta menyuap para anggota Dewan senilai total Rp 16,34 miliar. (sdr)

 

foto: breakingnwes.co.id