Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia, Polisi Janji Transparan dan Objektif

(Berita Terpercaya) – Buronan kasus pengalihan hak tagih (cessie) BLBI Djoko Sugiarto Tjandra ditangkap di Kuala Lumpur, Malaysia. Polisi menjanjikan proses penyelidikan dan penyidikan terhadap Djoko Tjandra dilakukan transparan dan objektif.

Kabareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan penangkapan buron Djoko Tjandra pada Kamis (30/7/2020) menjadi bukti pihaknya serius dalam menuntaskan perkara tersebut.

Djoko Tjandra ditangkap di apartemen mewah Avare Condominium kamar 20-A di Kuala Lumpur, Malaysia. Penangkapan terhadap buronan selama 11 tahun itu berhasil berkat kerja sama police to police, antara Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

“Proses penangkapan berjalan lancar. Proses police to police berjalan lancar dan alhamdulillah, Djoko Tjandra bisa kita bawa kembali melalui jalur penerbangan via Halim,” ucap Komjen Listyo, Jumat (31/7/2020).

Keberhasilan Polri, menurut Listyo Sigit, tentu menjawab pertanyaan publik tentang apa yang terjadi selama ini. Dan, sebagai komitmen polisi untuk melanjutkan proses hukum.

Penangkapan terpidana Djoko Tjandra sudah berlangsung sejak 20 Juli 2020 oleh tim yang dipimpin Listyo Sigit Prabowo. Operasi itu dilakukan dengan diam-diam atau disebut operasi senyap. Pejabat tinggi yang mengetahui soal operasi senyap itu hanya empat orang, yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menko Polhukam Mahfud Md, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Komjen Listyo Sigit Prabowo. (*/dtc)

Foto : kompas.com