fakta dan mitos dibalik fenomena supermoon

Fenomena Supermoon, Fakta dan Mitos

[Berita Terpercaya] Fenomena “Supermoon” yang tampak pada Senin malam (4/12) lalu ternyata juga diiringi fakta dan mitos yang beredar di publik. Bulan yang tampak 14 persen lebih besar dari ukuran biasanya itu juga tampak di negara-negara lain di berbagai belahan dunia.

Para netizen dari berbagai belahan dunia pun ikut berlomba-lomba mengekspos hasil jepretan mereka terkait fenomena supermoon. Berdasarkan keterangan NASA, fenomena ini merupakan trilogi supermoon yang selanjutnya tampak pada tanggal 1 dan 31 Januari 2018.

Lalu bagaimana dengan fakta dan mitos dibalik fenomena supermoon itu dapat dijelaskan? Melansir dari berbagai sumber, berikut mengenai fakta dan mitos dibalik fenomena supermoon yang dapat Anda simak.

 

Fakta dan Mitos Dibalik Fenomena Supermoon

Fakta Dibalik Fenomena Supermoon

Fenomena supermoon terjadi setiap tahun dan dapat dilihat juga dari berbagai penjuru bumi. Fenomena yang juga memiliki istilah Perigee Syzygy ini muncul saat bulan mengitari bumi dalam posisi sejajar. Pola orbitnya berbentuk elips dan bukan bundar. Supermoon juga tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya.

Pasang surut air laut yang terjadi saat matahari, bumi dan bulan dalam posisi sejajar merupakan kewajaran. Sebagaimana juga terjadi setiap bulan purnama maupun bulan baru. Adapun siklus gerhana bulan terjadi tiap 29,5 hari dari bulan purnama ke bulan purnama lainnya.

Fakta lainnya adalah supermoon terbesar terjadi tiap bulan Desember. Hal ini disebabkan jarak terdekat antara bumi dan matahari juga terjadi tiap bulan Desember. Lebih jelas lagi karena gravitasi bintang menarik bulan lebih dekat dengan bumi terjadi tiap Desember.

Mitos Dibalik Fenomena Supermoon

Sempat beredar bahwa fenomena supermoon yang muncul tersebut akan menghancurkan bumi. Tidak jarang pula dikaitkan dengan bencana-bencana alam. Perlu diketahui bahwa hal tersebut merupakan mitos belaka. NASA mengatakan bahwa fenomena supermoon tidak akan membuat orbit bumi jadi berantakan. Ada pula yang mengatakan bahwa fenomena supermoon bisa membuat orang menjadi gila. Faktanya adalah fenomena ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan penyakit mental dan kejiwaan seseorang.


fakta dan mitos dibalik fenomena supermoon