Ford hadapi tuntutan konsumennya

Ford Hadapi Tuntutan Terkait Skandal Uji Emisi

[Berita Terpercaya] Ford hadapi tuntutan konsumennya karena F-250 dan F-350 buatannya diduga telah ditanamkan piranti untuk menipu uji emisi. Produk heavy-duty truck  F-250 dan F-350 tersebut juga dilaporkan telah terjual sebanyak lebih dari setengah juta unit. Pemasarannya pun diketahui terbatas hanya di negara Paman

Skandal emisi diesel telah dimulai sejak 2015. Waktu itu Volkswagen Dieselgate sampai dinyatakan bubar. Kini, Ford turut bergabung dengan Volkswagen, Mercedes, Audi, FCA, BMW dan lain-lain yang dituduh mengabaikan standar emisi.

Bloomberg melaporkan bahwa Ford dan pemasok Bosch merupakan sasaran tuntutan hukum mengenai emisi berbahaya. Gugatan tersebut karena emisi nitrous oxide mengatakan sampai setinggi 50 kali batas yang diijinkan. Selain itu juga diklaim telah melakukan 58 pelanggaran terhadap undang-undang negara bagian dan federal di AS.

Ford dan Bosch dituduh berkomplot untuk menyembunyikan emisi berat dari scrutineer, dengan cara memprogram komputer. Program itu dituduh dengan sengaja dibuat untuk mendeteksi kapan kendaraan tersebut menjalani pengujian emisi. Pemrograman ini dilaporkan juga digunakan sebagai bagian dari sistem kecurangan emisi Volkswagen.

baca juga >>> Atasi Supir Mengantuk, Hyundai Usung Teknologi Mobil Otonom DDREM

Ford Hadapi Tuntutan Konsumennya Terkait Klaim Yang Tak Berdasar

Gugatan yang diajukan melalui Pengadilan Michigan AS tersebut membuat Ford hadapi tuntutan konsumennya dengan membantah bahwa tuduhan itu tak berdasar. Ford juga menjadi geram atas tindakan konsumennya yang menempuh jalur hukum. Menurut Ford, tuntutan tersebut lebih memuat sisi subjektif dari konsumennya.

“Semua kendaraan Ford, termasuk yang memiliki mesin diesel, mematuhi semua peraturan emisi EPA dan CARB A.S.,” kata juru bicara Ford kepada The Drive. “Kendaraan Ford tidak memiliki perangkat yang kalah. Kami akan mempertahankan diri terhadap klaim tak berdasar ini.”

“Solar F-150 mulai dijual musim semi ini, seperti yang telah kami umumkan sebelumnya.”

Selain dugaan pelanggaran emisi, recall juga melanda truk Ford dalam beberapa minggu terakhir. Kursi yang longgar mendorong recall 200.000 kendaraan di bulan Desember. Itu masih ditambah lagi dengan penarikan kendaraan sebesar 153.000 untuk masalah transmisi. Ford bisa sedikit lega karena penyebab masalah packing head pada Focus RS sudah dipecahkan pada Desember lalu.