tidak berpotensi tsunami

Gempa Banten Tak Berpotensi Tsunami

[Berita Terpercaya] Pihak BMKG memastikan gempa yang baru terjadi dengan kedalaman 61 km pada Selasa (23/01) pukul 13:34 WIB tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa diketahui berada di arah selatan Kota Muarabinuangeun, di Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten. Gempa tektonik tersebut terjadi akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Selanjutnya Kepala Bidang Informasi dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, dalam keterangannya memutakhirkan bahwa kekuatan gempa adalah 6,1 SR. Tergolong sebagai gempa dengan klasifikasi dangkal. Lokasinya diketahui terjadi di koordinat 7,23 LS dan 105,9 BT.

Menurut Daryono, dari hasil permodelan menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Demikian kata Daryono.

Berbagai Reaksi atas Gempa Banten

Gempa yang mengguncang Lebak, Banten tersebut diinformasikan juga turut mengguncang Jakarta. Sejumlah warga di wilayah Jakarta dilaporkan berhamburan keluar. CNNIndonesia.com juga melaporkan bahwa sejumlah pegawai Pemprov DKI keluar menyelamatkan diri.

Menurut laporan, sejumlah karyawan juga berhamburan keluar dari gedung-gedung tinggi yang ada di kawasan perkantoran. Baik itu para karyawan yang berada di Menara Kadin, Kemenkes, Kemenkumham, Tempo Scan maupun Menara Kuningan.

Demikian pula dilaporkan beberapa perwira tinggi TNI dan Polri langsung keluar dari Aula Gatot Subroto. Saat itu dilaporkan Rapim TNI-Polri 2018 tetap masih berlangsung.

Gempa juga dirasakan oleh masyarakat yang berada di Bandung dan di Garut. Puluhan karyawan sebuah bank di Bandung juga dilaporkan berhamburan keluar. Mereka mengaku guncangan gempa terasa cukup kuat, terutama dirasakan karyawan yang berada di lantai tujuh.

Berbeda dengan apa yang diungkapkan oleh seorang warga Garut, ia mengungkapkan bahwa gempa yang dirasakannya tidak sekuat gempa di Tasikmalaya. Diketahui bahwa gempa bumi telah mengguncang Tasikmalaya pada 15 Desember 2017 lalu.

Baca juga berbagai peristiwa lainnya di sini.