GKR Hemas : DPD Dituntut Aktif dan Kreatif Perjuangkan Aspirasi Daerah

(Berita Terpercaya) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dituntut mampu lebih aktif dan kreatif. Karena, dalam memperjuangkan kewenangannya yang terbatas, sangat sulit bagi DPD untuk bekerja optimal dalam memperjuangkan aspirasi daerah.

Anggota DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyampaikan hal itu dalam keynote speech pada acara Bicara Buku bersama Wakil Rakyat “GKR Hemas : Ratu di Hati Rakyat” , Jumat (9/8/2019) di Kantor DPD RI DIY Jalan Kusumanegara, Yogyakarta.

“Kalau anggota DPD tak kreatif, kita tak bisa ikut memperjuangkan daerah secara maksimal. Satu contoh misalnya, kalau kita punya komunikasi dengan kementerian dan Presiden, kita akan memperjuangkan daerah sesuai dengan yang harus kita perjuangkan,” ungkap permaisuri Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Diuraikannya, sejak pembentukannya, DPD sudah menyimpan persoalan, terkait jumlah fungsi dan kewenangannya, baik di konstitusi  juga pada tataran undang-undang. Sehingga,  anggota DPD tidak bisa secara maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerahnya ke tingkat pusat.

“Ide pertama pembentukan DPD adalah keinginan untuk lebih mengakomodasi aspirasi daerah sekaligus memberikan kans daerah dalam pengambilan keputusan politik,” imbuh Hemas.

Di sisi lain, anggota DPD juga dituntut melakukan pemberdayaan melalui amandaemen UUD 1945, mengajukan judicial reiview sejumlah undang-undang serta memperjuangkan hal terkait sistem ketatanegaraan supaya lebih ideal.

Hemas melihat perlunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah. Mengingat, hingga kini pembangunan di daerah belum optimal. Kesenjangan masih cukup tinggi terutama di  wialyah Indonesia tImur.

“Pembangunan harus merata sesuai kebutuhan masing-masing daerah untuk meningkatkan ekonomi,” pungkas Hemas. (rts)