hibah pesawat F-16

Hibah Pesawat F-16 dari AS Tiba di Lanud Iswahjudi

[Berita Terpercaya] Hibah Pesawat F-16 untuk Indonesia dari Amerika Serikat telah mendarat di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur pada Selasa (12/12). Pesawat F-16 Fighting Falcon yang datang dari Amerika tersebut berjumlah empat unit.

Adapun pesawat F-16 hibah tersebut memiliki tipe C dan D. Sementara yang sudah dimiliki Indonesia sejak lama adalah tipe A dan B.

Keempat pesawat tempur tersebut masing-masing dipiloti oleh Letkol Gregory Gaff, Major David Torres, Letkol Martin C. Meyer dan Kapten Andrew R. Branson. Keempat pesawat tersebut sejatinya dijadwalkan datang pada Senin (11/12), namun karena faktor cuaca ditunda hingga Selasa.

Rencana semula bahkan ada 6 pesawat F-16 tipe C yang akan didatangkan. Berhubung ada permasalahan pada mesin, 2 pesawat F-16 sisanya masih menunggu perbaikan terlebih dulu di Hawai. Demikian hal tersebut disampaikan Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal.

Adapun keempat pesawat F-16 yang telah tiba di Indonesia tersebut semuanya dinyatakan dalam kondisi baik sehingga dapat langsung dioperasikan. Demikian hal itu juga disampaikan oleh Danlanud Samsul Rizal.

Hibah Pesawat F-16 Totalnya sebanyak 24 Unit

Ditambahkan pula oleh Samsul Rizal bahwa total hibah pesawat F-16 keseluruhannya ada 24 unit. Pesawat hibah tersebut direncanakan untuk melengkapi Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Lanud Rusmin Nuryadin di Pekanbaru.

Menurut Samsul, meskipun keseluruhannya adalah pesawat bekas, namun kemampuannya melebihi tipe A dan B yang sudah lama ada di Indonesia. Pesawat tempur F-16 hibah dengan tipe C dan D menurutnya sudah jauh lebih baik. Pasalnya pesawat-pesawat tersebut telah dilengkapi dengan sistem avionik dan sistem persenjataan yang lebih baik dari tipe sebelumnya.

Keempat pesawat F-16 yang baru tiba tersebut merupakan alutsista TNI AU yang ditujukan untuk menambah kekuatan militer Indonesia. Melalui hibah pesawat F-16 dari Amerika tersebut, ke depannya diharapkan sistem pertahanan dan keamanan di NKRI juga semakin membaik.


hibah pesawat f-16