kapal selam ARA san juan

Kapal Selam Argentina yang Hilang Dikabarkan Alami Masalah Baterai

Angkatan laut Argentina menyatakan bahwa kapal selamnya yang hilang, telah melaporkan adanya kerusakan mekanis dalam komunikasi terakhirnya. Kapal selam ARA San Juan, dengan 44 awak kapal tersebut, dikabarkan menghilang 430km (270 mil) dari pantai Argentina.

Kehilangan kontak radio dengan kapal selam ARA San Juan setelah transmisi terjadwal terakhir pada hari Rabu pagi. Kapal itu hilang dalam pelayaran 10 hari dari pelabuhan Ushuaia, ke pangkalan angkatan laut di Mar del Plata.

“Kapal tersebut muncul dan dilaporkan mengalami kerusakan,” kata komandan angkatan laut Gabriel Galeazzi. Galeazzi adalah komandan yang mengepalai pangkalan angkatan laut di Mar del Plata, sebelah selatan Buenos Aires.

Adapun munculnya “suara” yang tertangkap sonar selama pencarian bukanlah berasal dari kapal selam ARA San Juan. Suara yang terdeteksi tersebut justru berasal dari sumber biologis. Proses pencarian pun diketahui telah memasuki fase kritis, karena adanya kekhawatiran oksigen habis.

 

Kapal Selam ARA San Juan alami Masalah Terkait Baterai

Saudara laki-laki dari seorang anggota kru sebelumnya mengatakan bahwa kapal tersebut mengalami masalah dengan baterainya. Hal itu dituturkannya kepada media setempat dalam sebuah pesan sebelum komunikasi hilang.

kapal selam san juan
The ARA San Juan leaving the port of Buenos Aires in 2014. Photograph: Reuters

Kapten Galeazzi menjelaskan bahwa kerusakan mekanis pada kapal selam merupakan hal yang jarang terjadi, karenanya jarang pula menimbulkan resiko. Sebuah kapal perang memiliki banyak sistem cadangan. Hal itulah yang memungkinkan kapal selam dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain bila ada kerusakan.


kapal selam san juan

baca juga >>> Aktivitas Pembangunan Kapal Selam Korut Tampak di Citra Satelit