Indonesia-Australia Kerja Sama Kembangkan Kawasan Indo-Pasifik

(Berita Terpercaya) – Pemerintah Indonesia berkomitmen menjalin kesepakatan dagang dengan negara-negara di kawasan Pasifik, seperti Fiji dan Papua Nugini, serta memberikan bantuan dana Rp3 triliun untuk pembangunan ataupun bantuan bencana kepada negara-negara kecil di kawasan tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal itu dalam pidatonya di depan seluruh anggota senat dan parlemen Australia, Senin (10/2/2020) di Australia. Jokowi mengatakan Indonesia ingin berperan aktif dalam meningkatkan fokus diplomasi, bantuan dana, dan investasi di kawasan Pasifik di tengah peran negara-negara Barat dan Cina.

“Indonesia dan Australia harus menjadi jangkar bagi negara-negara berkembang di kawasan Pasifik. Indonesia memahami tantangan pembangunan,” kata Jokowi.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mendukung penuh konsep pengembangan kawasan Indo-Pasifik. Australia mendorong dan mendukung karena mereka memiliki pemikiran yang sama untuk kawasan Indo-Pasifik.

“Kita lihat potensi ekonomi dan potensi antar-rakyatnya dan untuk menghilangkan hambatan yang tadinya ada di kawasan kita,” tutur Morrison.

Menurut Jokowi, Indonesia dan Australia memiliki kesamaan dengan negara-negara kecil lainnya di kawasan Pasifik terkait masalah perubahan iklim dan bencana alam. Salah satunya kebakaran hutan. Negara-negara di kepulauan Pasifik juga tengah terancam dengan naiknya permukaan laut akibat efek perubahan iklim.

Jokowi meyakini kerja sama Indonesia dan Australia mampu memberikan keuntungan satu sama lainnya dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada. “Maka intoleransi, proteksionisme, dan ancaman kemiskinan, serta ancaman perubahan iklim dapat kita atasi,” jelasnya. (*/dtc)