jaksa penyelidik intervensi rusia

Trump Berhak Pecat Robert Mueller, Jaksa Penyelidik Intervensi Rusia

[Berita Terpercaya] Sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders menyatakan bahwa Presiden  Donald Trump dapat melakukan pemecatan terhadap jaksa penyelidik intervensi rusia. Robert Mueller adalah jaksa yang ditunjuk untuk menyelidiki adanya intervensi Rusia dalam pemilihan umum di Amerika Serikat pada 2016 lalu.

Mueller sebagai jaksa penyelidik intervensi Rusia, mulai melakukan tugasnya sejak Mei 2017. Menurut laporan CNN Indonesia, ia tengah menjadi topik hangat di AS. Pasalnya banyak pihak yang menilai bahwa penyelidikannya mulai mengincar orang-orang penting di Gedung Putih.

Mueller juga telah menyeret empat orang penasihat Trump ke meja hijau. Itupun masih ditambah dengan penggeledahan rumah pengacara pribadi Trump yang juga atas perintahnya. Pengacara Trump, Michael Cohen diduga memegang banyak rahasia terkait kesepakatan keuangan dan pribadi sang presiden.

Penyitaan sejumlah dokumen, termasuk yang berkaitan dengan uang suap terhadap aktris porno Stormy Daniels telah dilakukan FBI. Sebelumnya dilaporkan aktris tersebut diberi uang suap agar tidak membocorkan skandal seks yang melibatkan Trump.

Terkait penggeledahan tersebut Trump angkat bicara dan mengatakan bahwa upaya tersebut hanya mencari-cari kesalahan. Ia juga mengatakan bahwa hak pengacara-klien sudah mati.

baca: Mark Zuckerberg Meminta Maaf Atas Skandal Data Pengguna Facebook

Anggota Parlemen Dukung Penyelidikan

Berseberangan dengan hal tersebut, para anggota parlemen Partai Demokrat dan Republik justru mendesak Trump membiarkan Mueller menjalankan tugasnya. Chuck Schumer, seorang senator dari Partai Demokrat berpesan, sebaiknya Presiden tidak berpikir untuk dapat melakukan hal (pemecatan) tersebut.

Schumer juga menilai bahwa penyelidikan adanya dugaan intervensi Rusia tersebut merupakan hal yang krusial untuk kesehatan demokrasi. Menurutnya penyelidikan tersebut tetap harus terus dilanjutkan.


sbobet88