tol baru Kanada-Arktik

Jalan Tol Baru Kanada-Arktik Resmi Dibuka

[Berita Terpercaya] Tol baru Kanada-Arktik yang bernama InuvikTuktoyaktuk Highway resmi dibuka oleh Pemerintah Kanada pada Rabu (15/11). Jalan tol baru  yang menghubungkan Kanada dengan Arktik tersebut merupakan jalan yang menghubungkan dari pantai ke pantai.

“Ini adalah hari bersejarah bagi Kanada,” kata Menteri Infrastruktur Amarjeet Sohi. “Negara kita terhubung melalui jalan darat – untuk pertama kalinya – dari pantai ke pantai ke pantai,” katanya, mengacu pada Atlantik, Pasifik dan sekarang samudera Arktik.

Jalan tersebut pertama kali diusulkan pada akhir 1950-an untuk menghubungkan masyarakat utara Kanada dengan yang di selatan Kanada. Menurut angka, biaya jalan diperkirakan menghabiskan sekitar $ 300 juta. Setiap kilometernya menghabiskan dana lebih dari $ 2,2 juta dolar Kanada. Biaya tersebut juga termasuk pembangunan jalan raya, 8 jembatan dan 359 gorong-gorong yang dimulai sejak delapan tahun lalu.

Persisnya jalan tol baru Kanada-Arktik tersebut menghubungkan Tuktoyaktuk (dusun kecil di Samudera Arktik) dengan Inuvik, wilayah selatan Kanada. Jalan raya sepanjang 145 km di Northwest Territories tersebut menggantikan jalan es musiman dan terhubung ke sistem jalan raya Kanada lainnya.

 

Jalan Tol Baru Kanada-Arktik, Mudahkan Akses bagi Masyarakat di Daerah Terpencil dan di Pesisir Kanada

Dibangunnya tol baru tersebut, masyarakat pesisir di Kanada sudah tidak tergantung lagi dengan transportasi udara yang mahal. Mereka sekarang dapat berkendara dari Edmonton, Alberta (kota metropolitan paling utara di Kanada) menuju ke Inuvik dan seterusnya ke pantai.

Jalan tol baru Kanada-Arktik tersebut juga membuka peluang bagi peningkatkan pariwisata dan akses yang lebih baik terhadap sumber daya alam.


tol baru kanada-arktik