ditolaknya Panglima TNI masuk ke AS

Wakil Dubes AS Pastikan Panglima TNI Sudah Boleh Masuk ke AS

[Berita Terpercaya] Menyusul insiden ditolaknya Panglima TNI masuk ke AS pada Sabtu (21/10), Wakil Duta Besar AS Erin Elizabeth McKee meminta maaf. McKee juga telah memastikan bahwa Jenderal Gatot sudah bisa pergi ke AS. Pihak Kedubes AS pun juga menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi keberangkatan Panglima TNI.

Perihal Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke AS tersebut juga telah dikonfirmasi Kapuspen TNI Mayor Jenderal Wuryanto. Panglima TNI rencananya akan menghadiri Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremist Organization. Acara tersebut diselenggarakan pada 23-24 Oktober di Washington DC, Amerika Serikat.

Kronologi Penolakan Keberangkatan Panglima TNI

Diungkapkan oleh Wuryanto, Panglima TNI Gatot Nurmantyo beserta istri dan delegasinya dijadwalkan bertolak pada Sabtu (21/10). Keberangkatan Panglima TNI tersebut menggunakan maskapai Emirates. Namun, sesaat sebelum keberangkatan, ada pemberitahuan dari maskapai bahwa Panglima TNI beserta delegasinya tidak boleh memasuki wilayah AS. Pemberitahuan tersebut dteruskan dari Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS.

Wuryanto menjelaskan bahwa Panglima TNI menerima undangan resmi yang dikirim oleh Komandan Jenderal Amerika Serikat Joseph F Durford Jr. Jenderal Gatot Nutmantyo telah membalas surat tersebut dan mengkonfirmasi kehadirannya sebagai bentuk apresiasi dan perhatian.

“Komandan TNI mengirim surat untuk menghormati Jenderal Joseph F Durford, Jr. yang adalah teman dan senior Panglima TNI Gatot Nurmantyo,” tambahnya.

Menanggapi kejadian tersebut, Panglima TNI telah melapor kepada Presiden melalui ajudannya, Menteri Luar Negeri dan Menkopolhukam. Dilanjutkan dengan mengirimkan surat kepada Jenderal Joseph F Durfort Jr. untuk meminta penjelasan secara resmi atas kejadian tersebut.


ditolaknya Panglima TNI masuk ke AS