jet tempur Rusia

Jet Tempur Rusia Menempel Pesawat Mata-Mata AS pada Jarak 5 Kaki

[Berita Terpercaya] Sebuah jet tempur Rusia dilaporkan menempel sangat dekat dengan pesawat mata-mata Angkatan Laut AS di Laut Hitam pada Senin (29/01). Sementara menurut Pentagon, pesawat pengintai AS tersebut pada saat itu diinformasikan sedang terbang di wilayah udara internasional.

Jet Rusia yang bertipe Su-27 tersebut diketahui hanya berjarak lima kaki (1,5 meter) dari pesawat militer AS yang bertipe EP-3. Interaksi kedua pesawat tersebut berlangsung sekitar dua jam 40 menit. Demikiah hal itu disampaikan dari Armada ke-6 Angkatan Laut, yang berkantor pusat di Naples, Italia.

Menurut Letnan Kolonel Michelle Baldanza, juru bicara Pentagon, jet Rusia tersebut melintas di depan pesawat AS dari kanan ke kiri. Namun ia mengakui tidak tahu berapa lama bagian yang “tidak aman” dari pencegatan itu berlangsung.

Itu dilakukan jet Rusia tersebut sambil menarik afterburner-nya. Aksi itu menyebabkan pesawat AS EP-3 AS mengalami rolling hingga 15 derajat dan mengalami turbulensi.

Jet Amerika dan Rusia secara rutin terbang berdekatan satu sama lain di Laut Hitam dan Laut Baltik, namun itu dilakukan secara profesional, menurut Pentagon.

Ia juga mneyatakan bahwa kejadian yang membahayakan tersebut meningkatkan risiko salah perhitungan dan tabrakan di udara. Sementara pesawat A.S. dilaporkan beroperasi sesuai dengan hukum internasional dan tidak memprovokasi aktivitas Rusia.

Ketegangan di Laut Hitam

Pentagon telah meningkatkan penerbangan pengintaiannya di Laut Hitam sejak tahun 2014 ketika Rusia mengambil alih Krimea dengan kedok latihan militer. Angkatan Laut A.S. juga telah mengirim lebih banyak kapal perang ke wilayah tersebut.

Februari lalu, jet-jet tempur Rusia mendengung kapal-kapal perusak Angkatan Laut A.S. di Laut Hitam. Selanjutnya pada Minggu, kapal perang yang sama – USS Porter – meluncurkan rudal jelajah ke Suriah dari Laut Tengah.


baca juga >>> Hibah Pesawat F-16 dari AS Tiba di Lanud Iswahjudi