mobil listrik ezzy II

Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Ezzy II pada Peresmian Tol Sumo

[Berita Terpercaya] – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba mobil listrik Ezzy II, yang diproduksi oleh seorang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya). Presiden mencoba tersebut di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), yang baru saja diresmikan pada Selasa (19/12).

Secara umum, Jokowi mengatakan mobil itu sudah cukup bagus, tapi masih ada hal yang perlu diperbaiki jika akan diproduksi massal. Terutama masalah baterainya. Demikian diungkapkan Presiden RI tersebut di sela-sela peresmian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur.

Jokowi juga menyarankan agar setiap produk penelitian harus ditindaklanjuti agar bisa memasuki industri. Betapapun tidaklah mudah untuk masuk ke industri, baik dari segi emisi maupun komponen-komponen terkait lainnya. Bagi Jokowi, yang penting adalah kemampuan produk ini untuk bersaing dengan produk lain yang sudah lama dipasarkan.

 

Mobil Listrik Ezzy II dan Dukungan Pemerintah

Beberapa produk lainnya juga dipamerkan di ITS. Produk-produk tersebut antara lain seperti satu unit mobil listrik Ezzy II, satu unit supercar Lowo Ireng. Dipamerkan juga dua unit motor listrik Gesits dan satu unit bus bertenaga surya dan bertenaga listrik.

Mobil listrik Ezzy II sendiri merupakan generasi kedua. Dikembangkan dari mobil listrik Ezzy I yang telah dipelopori sebelumnya pada 2013. Mobil ini memiliki spesifikasi jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Ezzy II menggunakan daya baterai 20 kWh, dengan kemampuan jarak tempuh hingga 130 kilometer.

Pertamina sebelumnya telah menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik. Hal tersebut juga dilakukan guna mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Guna mendukung pengembangan mobil listrik, perusahaan minyak dan gas seperti Pertamina perlu berkolaborasi dengan produsen otomotif di dalam negeri.

Terkait masalah baterai, pemerintah dimungkinkan akan menjalin kemitraan besar dengan Korea Selatan sebagai produsen Lithium Ion terkemuka. Pemerintah juga mengakui memiliki bahan baku yang melimpah untuk memproduksi baterai Lithium-Ion.


mobil listrik ezzy II