Jokowi : Dunia Virtual, Ruang Inovasi bagi Guru

(Berita Terpercaya) – Guru diminta berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Saat ini tersedia ruang inovasi untuk guru selain ruang kelas, yaitu dunia virtual.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal itu saat membuka Kongres XXII PGRI di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (5/7/2019). Jokowi juga mengingatkan, proses pendidikan dan KBM idealnya yang menggembirakan baik kepada guru maupun siswa.

“Ruang kelas bukan satu-satunya (tempat) belajar. Dunia virtual kampus kita. Google perpustakaan kita. Wikipedia ensiklopedia kita, dan lain-lain,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, meskipun perubahan teknologi sangat cepat dalam mengikuti perkembangan zaman, namun peran guru tetap penting. Mengingat, keberadaan guru tidak bisa digantikan dengan mesin secanggih apa pun. . Dalam posisi demikian, PGRI memiliki peran  strategis.

“Ada yang bilang, nanti ada (guru) online IT, ndak.  Guru ndak bisa digantikan. Saya percaya guru profesi mulia. Guru yang menumbuhkan empati sosial, bangun imajinasi, kreativitas,” tandas Jokowi.

Dikatakannya, meski terjadi perkembangan dalam teknologi IT yang juga dikuasai anak didik, namun peran guru tetap dibutuhkan. Terutama, dalam ikut mengelola sistem dan metode belajar siswa. Peran guru dalam hal ini mengarahkan siswa. (*/dtc/rts)

Foto : Antara