Jokowi Jamin PDIP Dapat Menteri Terbanyak

(Berita Terpercaya) – PDI Perjuangan bakal mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak. Jaminan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pun  menyambutnya. Dia menyiapkan 10 calon menteri.

Sebelumnya, dalam pidato pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019), Megawati menyinggung mengenai ‘syarat’ masuknya PDIP dalam kabinet periode kedua Jokowi. Salah satunya, PDIP harus mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak.

Menurut Mega, meskipun PDIP sudah mendapatkan kursi parlemen terbanyak di Senayan lalu bukan berarti kursi untuk menteri boleh sedikit.

Jokowi pun langsung menjawab permintaan Megawati. Jokowi menjamin PDIP mendapatkan kursi menteri terbanyak. Dengan jaminan ini, PDIP sudah mengunci jatah kursi menteri.

“Bu Mega kan menyampaikan, jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua, PDIP empat kan sudah dua kali (lipat). Yang jelas, PDIP pasti yang terbanyak. Itu jaminan saya,” terang Jokowi.

Saat ini ada lima kader PDIP masuk Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Kelimanya adalah Seskab Pramono Anung, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkum HAM Yasonna Laoly, serta Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. (*/dtc)

Foto : Tempo