Jokowi : Pemindahan Ibukota Wujudkan Pemerataan Ekonomi

(Berita Terpercaya) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggulirkan pernyataan rencana pemindahaan ibukota ke Kalimantan. Pernyataan Jokowi disampaikan pada pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (16/8/2019).

Jokowi mengatakan, pemindahan ibukota bertujuan mewujudkan pemerataan dan keadilan ekonomi. Mengingat, keberadaan ibukota bukan hanya simbol identitas bangsa, melainkan juga representasi kemajuan bangsa..

Namun, tambah Jokowi, proses pemindahan ibukota tidak perlu dilakukan tergesa. Meski demikian, ia berharap penetapan terkait lokasi ibukota secepatnya diputuskan.

““Kita tidak ingin tergesa-gesa, tetapi ingin secepatnya diputuskan,” ujarnya.

Sebelumnya, melalui siaran pers yang dikelarkan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Kepresidenan, Selasa (30/7/2019), Presiden Jokowi menyebut akan mengumumkan lokasi pemindahan ibukota baru pada Agustus.

“Memang dari dulu sudah saya sampaikan, pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantannya yang mana? Nanti kita sampaikan Agustus,” tulis Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini pemerintah masih berupaya menyelesaikan kajian-kajian pendukung terkait pemindahan ibukota. Kajian meliputi sisi kebencanaan, air, keekonomian, demografi, sosial politik, dan pertahanan dan keamanan. (*/dtc)

Foto : Antara