Jusuf Kalla : Pancasila Bukan Sekadar Slogan

Berita Terpercaya) – Pancasila bukan sekadar slogan atau filsafat, melainkan merupakan pondasi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus bisa dimengerti dan dihidupi, tidak hanya dihafalkan.
“Pondasi itu tidak perlu kelihatan, tapi dia menjadikan negara kita kokoh,” ucap Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pidato kunci pada pembukaan Kongres Pancasila XI, Kamis (15/8/2019) di UGM Bulaksumur Sleman, Yogyakarta.
Menurut Jusuf Kalla, yang lebih penting adalah penghayatan Pancasila dalam kehidupan masyarakat dibandingkan penguraian Pancasila secara ilmiah, yang justru menimbulkan berbagai penafsiran yang berbeda.
“Pancasila sebenarnya sangat sederhana dan tegas. Tapi, dalam penafsiran dan pelaksanaannya kadang berbeda-beda. Tergantung siapa yang menafsirkan dan melaksanakannya,” terang Kalla.
Sebelum membuka Kongres Pancasila, Kalla berpesan agar para pembicara dan peserta dapat melakukan diskusi yang menghasilkan pikian-pikiran yang dapat dipahami oleh segenap masyarakat.
“Semoga Kongres ini menghasilkan sesuatu yang sederhana, mudah dipahami, mudah dihayati, dan mudah diukur,” pungkasnya.
Semakin sederhana pembahasan Pancasila, ujar Kalla, semakin orang bisa paham. Semakin orang paham, maka Pancasila semakin bisa dihayati. (sar)
Foto : Dok Humas dan Pubikasi UGM