toyota andalkan agya dan yaris

Kandas dengan Etios Valco, Toyota Andalkan Agya dan Yaris

[Berita Terpercaya] Toyota andalkan Agya dan Yaris pasca kandasnya produk city car besutannya, Etios Valco sejak Oktober lalu. Terkait informasi kandasnya Etios Valco, Kompas.com melaporkan bahwa kabar tersebut sebenarnya sudah mulai tercium sejak 2016.

Etios Valco mungkin bisa dikatakan sudah tidak lagi eksis untuk bertarung dengan dengan Suzuki Ignis, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan Nissan March. Sementara Etios Valco sempat menjadi satu-satunya utusan Toyota untuk segmen mobil kota (city car) berdasarkan data Gaikindo. Hal itu dapat diartikan, market leader di Indonesia ini tak lagi punya wakil untuk kategori tersebut.

Etios Valco untuk pertama kali diproduksi pada 2013, merupakan keluaran dari pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia  di Karawang, Jawa Barat. Pada tahun pertamanya di Indonesia, Etios membukukan wholesales sampai 12.747 unit, atau tertinggi sepanjang hidup di pasar otomotif dalam negeri.

 

Toyota Tak Khawatir

Namun berdasarkan laporan dari Kompas.com agaknya pihak Toyota Astra Motor (TAM), tidak terlalu menghawatirkannya. Tentunya hal itu juga tidak terlalu mengherankan, mengingat TAM yang masih memiliki dua jagoan hatchback lainya, seperti Agya dan Yaris.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Toyota tidak akan mengalami kekosongan pada segmen ini. Selain itu tambahnya, Toyota juga memiliki pilihan engine yang lebih beragam dengan adanya Agya dan Yaris.

Tambah Soerjopranoto, Agya masuk dalam segmen entry hatchback sedangkan Yaris mengisi segmen medium hatchback. Adanya pilihan 1.0L, 1.2L, dan 1.5L dari Agya dan Yaris, menurut Soerjopranoto bisa menghadirkan pilihan yang beragam bagi masyarakat.

baca juga >>> Kerusakan Inflator Airbag Keluaran Takata Corp Desak Ford Lakukan Recall