kasus kekerasan terhadap perempuan

Kasus Kekerasan terhadap Perempuan, Banyak Yang Berani Lapor

[Berita Terpercaya] Catatan dari Komnas Perempuan menunjukkan terdapat 348.446 kasus kekerasan terhadap perempuan selama 2017. Sementara pada tahun sebelumnya terdapat 259.150 kasus kekerasan yang terjadi.

Data tersebut, menurut laporan dari bbc.com sebenarnya bukan berarti peningkatan terhadap kasus kekerasan yang terjadi. Bisa juga karena jumlah pelaporannya yang bertambah, atau dengan kata lain banyak korban yang sudah berani melapor. Demikian hal tersebut dilaporkan Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin kepada bbc.com.

Kasus inses (incest) atau disebut juga seks dengan keluarga kandung dilaporkan juga banyak muncul. Pelaku yang dilaporkan adalah ayah atau paman dari korban. Kasus inses yang dilakukan oleh ayah kandung terdapat 425 orang, oleh paman 322 orang. Selanjutnya yang dilakukan ayah tiri 205 orang dan kakak kandung 89 orang dan kakek sebanyak 58 orang.

Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan pada ranah privat paling banyak dilakukan oleh pacar. Yakni sebanyak 1.528 orang. Kekerasan seksual oleh suami dilaporkan sebanyak 192 orang. Lebih dari 5.000 kasus kekerasan terhadap istri dilaporkan langsung ke polisi atau lembaga lain seperti rumah sakit. Itu masih ditambah lagi 2.000 kasus kekerasan dalam berpacaran.

baca juga >>> Dukung Korban Pelecehan Seksual, Emma Watson Donasikan 1 Juta Poundsterling

Berani Laporkan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan

Menurut Mariana ini merupakan masalah yang serius, pasalnya masyarakat sudah berani melapor. Selanjutnya tinggal bagaimana dengan negara. Artinya bagaimana Negara ikut berperan menangani dan mengatasi hal tersebut. Mengingat mekanisme fungsi pengaduannya sudah berjalan, baik itu langsung ke lembaga negara maupun ke lembaga pengaduan lainnya.

Selain itu masyarakat juga dinilai mulai merasa aman dan percaya terhadap lembaga-lembaga pengaduan yang ada.