Kiat Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

(Berita Terpercaya) – Bagaimana cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi Covid-19? Tentu ada banyak cara diterapkan pelaku bisnis agar bisnisnya tetap bertahan.

Salah satu cara konvensional adalah memelihara atau menjaga engagement (keterikatan) dengan pelanggan, baik secara online maupun offline. Cara ini dimaksudkan untuk mengikat kesetiaan pelanggan.

Perancang busana Ria Miranda pun menerapkan kiat di atas. Beberapa hari sebelum pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, pelaku bisnis industri fashion ini rajin dan intens melakukan pendekatan langsung terhadap para pelanggannya. Caranya, secara informal mengobrol dan menyapa, menanyakan kabar dan kesehatan. Tujuannya agar tetap dekat dan akrab.

“Sebelum pandemi, aku memang mendatangi kota-kota yang ada butikku. Aku dekat dengan customer (pelanggan). Ngobrol dengan mereka,” kata Ria dalam sebuah webinar pekan lalu.

Sebelum pandemi melanda, lanjutnya, dirinya sering mengadakan acara, seperti pagelaran busana, menampilkan koleksi pakaian terbaru dan model-model kenamaan. Salah satu pagelaran busana termegah Ria Miranda dihelat di The Hall Senayan City, Jakarta, pada November 2019. Tak hanya memamerkan rancangan terbaru, acara seperti itu, menurut Ria, juga memungkinkannnya untuk berinteraksi langsung dengan pengguna setia mereknya.

Namun, mengingat acara serupa tak mungkin dilakukan semasa pandemi, dia mengandalkan teknologi untuk terus memopulerkan karyanya. Singkatnya, pagelaran busana Ria jadi go online gara-gara pandemi. “Terpaksa mengadakan annual show (acara tahunan) secara virtual. Virtual menjadi solusi sekarang,” ujar Ria.

Kali terakhir Ria melangsungkan pameran busana tahunan secara virtual pada 12 Desember 2020. Lagi-lagi, Ria menyempatkan diri, mengobrol dengan para pelanggan melalui aplikasi konferensi video Zoom. Agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan secara online. Ria juga menghelat Instagram live shopping. Dengan demikian, pelanggan dapat berbelanja secara online dengan mengakses platform media sosial tersebut.

Satu lagi, Ria mengelola situs yang dilengkapi dengan foto pakaian, ukuran, serta harga. “Banyak cara untuk engaged (terikat) dengan customer (pelanggan). Kita harus rutin berkomunikasi dengan customer baik secara online maupun offline,” ucap Ria. (*/dtc/kompas.com)

Foto :  harmony.co.id