Kuasa Hukum: Ratna ke Cile untuk Mengikuti Kegiatan Internasional

(Berita Terpercaya) –  Rencana penerbangan Ratna Sarumpaet ke Cile yang berujung pada penangkapan di Bandara Soekarno – Hatta, Kamis (4/10/2018) bukanlah upaya melarikan diri dari kasus hukum yang dihadapainya. Hal ini diutarakan oleh kuasa Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin.

Menurut Insak kepergian Ratna sudah direncanakan jauh-jauh hari. “Sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum kasus ini. Bukan untuk melarikan diri,” kata Insank kepada wartawan di depan kediaman Ratna Sarumpaet, kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018) dini hari.

Lebih jauh Insank memebeberkan soal kepergian Ratna ke Cile dalam rangka memenuhi undangan acara Women Playwrights International. Ratna dijadwalkan tampil pada opening tanggal 7 Oktober 2018.

Insank mengatakan, Ratna baru menerima surat panggilan penyidik pada Kamis siang. Dalam surat panggilan itu statusnya sebagai saksi.  “Siang tadi (Kamis) baru terima surat panggilan sebagai saksi. Kemudian diterima lagi surat penyidikan. Padahal undangan sudah lama diagendakan makanya bergegas,” kata Insank.

Sebenarnya, kata Insak, pihak Ratna akan mengajukan penundaan pemeriksaan karena sedang berada di luar negeri. Namun, ternyata Ratna malah ditangkap polisi di Bandara Soekarno-Hatta. Tapi Insak mengatakan akan menghargai proses hukum. “Pada prinsipnya kami akan hadapi proses hukumnya,” ujar Insank. (*/sdr)