Kurangi PSBB, Pemerintah Ingin Masyarakat Kembali Produktif

(Berita Terpercaya) – Pemerintah siap mengurangi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pengurangan PSBB bertujuan meningkatkan produktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (17/5/2020) pemerintah menyiapkan pengurangan PSBB meski tetap dalam konteks percepatan penanggulangan Covid-19.

“Pada pertemuan, rapat tentang percepatan penanggulangan Covid-19 difokuskan kepada upaya kita mengurangi pembatasan sosial,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan pengurangan PSBB dimaksudkan sebagai upaya memulihkan produktivitas. Meski demikian, pemerintah menyampaikan bahwa pengendalian Covid-19 bisa dilakukan.

“Pengurangan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB untuk meningkatkan atau memulihkan produktivitas. Di satu sisi, wabah Covid-19 tetap bisa dikendalikan, tetap ditekan hingga nanti sampai pada antiklimaksnya akan selesai, terutama ketika telah ditemukan vaksin,” ucapnya.

Muhadjir menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi, yakni agar masyarakat untuk bersiap menjalani ‘the new normal‘.

“Bapak Presiden juga menekankan pentingnya kita harus bersiap siaga untuk menghadapi era normal baru. Kita akan berada di dalam situasi yang beda dengan normal sebelumnya, yaitu kita menghadapi suasana di mana lingkungan kita harus sudah bersama-sama dengan Covid-19,” terang Muhadjir. (*/dtc)

Foto : tempo.co