Mbah Petruk Minta Prasyarat Ayam Tulak

(Berita Terpercaya) – Mbah Petruk, sosok mitologis yang diyakini keberadaannya sebagai penunggu Gunung Merapi, memberi isyarat kepada warga Dusun Tutup Ngisor Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Isyarat tersebut disampaikan Mbah Petruk melalui mimpi yang dialami kakak Sitras Anjilin, tokoh masyarakat setempat.

“Mbah Petruk menemui kakak saya lewat mimpi. Kata Mbah Petruk, Merapi akan ada arak-arakan agak besar. Tapi, nggak apa-apa. Kampungmu dikasih prasyarat’,” tutur Sitras kepada wartawan di rumahnya, Jumat (20/11/2020).

Prasyarat yang dimaksud Mbah Petruk dalam mimpi kakaknya itu, kata Sitras, berupa ayam tulak. Yakni, ayam yang punggungnya hitam, dadanya putih. Sitras langsung melaksanakan permintaan Mbah Petruk, keesokan harinya. Ayam tulak itu pun disembelih dan dikubur di kampung.

Sitras mengaku juga mengalami mimpi serupa kakaknya, Rabu (18/11), malam, didatangi Mbah Petruk. Tapi, dia hanya bertemu Mbah Petruk di atas kampungnya. Dalam mimpinya, Mbah Petruk hanya memperkenalkan diri dan mengatakan pesan tapi tidak terdengar jelas oleh Sitras.

Menurut Sitras yang juga Pemimpin Padepokan Seni Tjipta Boedaja, sebelum erupsi pada 2010, kakaknya juga menerima pesan gaib dari Mbah Petruk. Karenanya, untuk erupsi 2020 ini, dia berharap aktivitas Gunung Merapi tidak berujung bencana. Kenaikan aktivitas Gunung Merapi sebagai siklus alami.

“Itu hanya siklus alam saja. Semoga seperti itu. Harapan saya, aktivitas tetap jalan, tapi tidak sampai ke permukiman supaya tidak menjadi bencana. Hanya  siklus alam saja,” tuturnya. (*/dtc)

Foto : seasite.niu.edu