Medsos Picu Fenomena Bullying dan Body Sharming

(Berita Terpercaya) – Media sosial bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi bermanfaat untuk efektivitas dalam berkomunikasi, di sisi lain berakibat negatif pada aspek psikologis manusia.

Ada dua efek negatif dari pemakaian medsos, yaitu bullying (intimidasi) dan body sharming (penolakan terhadap tubuh sendiri atau mempermalukan diri sendiri).

Psikoterapis Holistik, Sekartaji Ayuwangi mengemukakan fenomena tersebut pada sesi Talkshow bersama Arby Vembria pada acara Get Scouted Arby Vembria Modeing School, Minggu (7/7/2019) di Abarukko Plaza Yogyakarta. maraknya penggunaan medsos yang dapat berakibat negatif terhadap kejiwaan manusia

“Body sharming itu bentuk bullying fisik yang dilakukan terhadap diri sendiri. Menolak diri sendiri. Ini tak bisa dicegah dan dihindari tapi disikapi dengan bijak. Maraknya penggunaan media sosial menambah kasus body sharming,” ucapnya.

Sebaliknya, menurut Sekartaji, ada treatment untuk menghindari body sharming atau bullying dapat dilakukan dengan sederhana. Caranya, yakni dengan menerapkan metode yang bisa diaplikasikan di rumah. Selama 21 hari treatment dilakukan secara konsisten dan berulang-ulang, berdiri setiap pagi di depan cermin dan katakan hal yang positif, saya cantik, ganteng, kalau perlu diucapkan namanya. (rts)