membolos kerja di lingkungan pns

Membolos Kerja di Lingkungan PNS dan Efektivitas Sanksi yang Rendah

[Berita Terpercaya] Membolos kerja di lingkungan PNS agaknya bukanlah fenomena yang terlalu mengherankan terjadi di Indonesia. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan data bahwa membolos kerja di lingkungan PNS kerap terjadi usai libur Natal dan Tahun Baru. Itupun masih ditambah lagi PNS yang tidak masuk kerja tanpa izin usai libur Lebaran.

Menurut pengamat, adanya imbauan untuk tidak membolos kerja dan disertai sanksi, masih tidak efektif untuk meningkatkan kedisiplinan. Pasalnya kedisiplinan PNS di Indonesia memang masih rendah. Fenomena ini kerap terjadi pada organisasi perangkat daerah dan lembaga negara yang belum menerapkan metode presensi sidik jari. Demikian hal ini diungkapkan Juru Bicara BKN, Mohammad Ridwan kepada BBC pada Selasa (02/01).

Ridwan juga menyampaikan selama 2017 sudah ada puluhan PNS yang diberhentikan secara hormat karena membolos kerja. Kategori tersebut menurut Ridwan sudah tergolong pelanggaran disiplin berat. Mereka yang mendapatkan sanksi pemberhentian tersebut karena memang rutin membolos meskipun sudah diperingati dan diberi sanksi lain.

Terkait kurangnya kedisiplinan sebenarnya pemerintah sendiri sudah memberikan imbauan dan akan memberikan sanksi tegas. Hal itupun sudah berulangkali disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur. Terutama tiap kali jelang cuti bersama atau hari libur “kejepit”.

 

Efektivitas Sanksi yang Rendah

Pengamat dari UGM juga mengungkapkan bahwa adanya pengabaian atas imbauan yang telah secara berulang tersebut menandakan rendahnya kedisiplinan PNS. Sudah seharusnya pemerintah tidak lagi memberikan imbauan serupa, melainkan langsung saja menjatuhkan sanksi. Demikian hal ini disampaikan oleh Miftah Thoha, Guru Besar Ilmu Administrasi Universitas Gadjah Mada.

Miftah juga menyampaikan bahwa tidak mengindahkan peringatan berarti merupakan pelanggaran terhadap aturan kedisiplinan. Terkait hal tersebut, Miftah mengungkapkan bahwa kedisiplinan pegawai negeri di Indonesia memang sangat rendah. Demikian hal tersebut ditambahkan olehnya kepada BBC.


membolos kerja di lingkungan pns