membuldoser desa-desa di rakhine

Myanmar Dilaporkan Membuldoser Desa-Desa di Rakhine

[Berita Terpercaya] Amnesty International melaporkan bahwa Myanmar membuldoser desa-desa di Rakhine yang dulu dihuni etnik Rohingya. Berdasarkan laporan bbc.com, Myanmar dilaporkan Amnesty telah membuldoser desa-desa tersebut berdasarkan data dari citra satelit dan para saksi.

Menurut Amnesty, desa-desa tersebut dibuldoser untuk melancarkan pembangunan infrastruktur yang digencarkan sejak Januari lalu. Juru bicara Amnesty mengkhawatirkan bahwa langkah tersebut berpotensi menghilangkan bukti kejahatan terhadap Rohingya. Demikian laporan tersebut sebagaimana dilansir dari bbc.com.

Membuldoser seluruh desa menyebabkan upaya meminta pertanggungjawaban di masa mendatang menjadi sulit. Pasalnya dimungkinkan bukti-bukti kejahatan terhadap etnis Rohingya juga semakin sulit ditemukan.

Terkait adanya laporan Amnesty tersebut, Pemerintah Myanmar diketahui hingga saat ini belum memberikan responnya. Myanmar sebelumnya diketahui meminta bukti atas tuduhan PBB terkait dugaan aksi genosida terhadap etnis Rohingya.

Betapapun rencana repatriasi pada Januari lalu sudah disepakati Bangladesh dan Myanmar, namun tetap saja masih menyisakan kekhawatiran terkait keselematan Rohingya. Kedatangan kembali warga Rohingya ke Myanmar diatur akan dilaksanakan dalam waktu dua tahun.

baca juga >>> Krisis Rohingya, Sebuah Mimpi Buruk Kemanusiaan

Rakhine Tertutup bagi Penyelidik

Berdasarkan laporan dari bbc.com, diketahui wilayah Rakhine sebagian besar masih tertutup bagi penyelidik PBB, kelompok HAM dan media. Hal tersebut dinilai sangat menyulitkan untuk menverifikasi laporan seperti Myanmar membuldoser desa-desa di Rakhine di atas secara independen.

Sementara Pemerintah Myanmar sendiri menolak memberikan kewarganegaraan dan kesempatan yang sama terhadap Rohingya. Rohingya, bagaimanapun tetaplah dianggap sebagai imigran yang ilegal dan tidak disukai oleh kaum mayoritas Buddha.


info terkait >>> Menikahi Pengungsi Rohingya, Siap Diburu Polisi Bangladesh

Ingin Lebih Bugar? Yuk simak infonya di sini