Michael Jordan Kecam Rasialisme di AS

(Berita Terpercaya) – Legenda NBA, Michael Jordan mendukung massa yang protes melawan  rasialisme di Amerika Serikat (AS). Rasialisme seharusnya sudah tidak ada lagi di AS.

Karenanya, menurut Jordan, protes secara damai diperlukan untuk melawan ketidakadilan. Suara warga bisa membuat para pemimpin mengubah hukum yang ada. Atau, wargaa harus melakukan voting untuk menciptakan sebuah perubahan secara sistematis.

“Saya benar-benar merasa sedih, sakit, dan marah atas apa yang terjadi. Saya mendukung mereka yang melawan rasialisme dan kekerasan pada masyarakat minoritas di Amerika Serikat,” tulis Jordan seperti dikutip oleh Ma

Jordan menambahkan, setiap orang harus menjadi bagian dari solusi masalah tersebut. Yaitu, dengan bekerja bersama-sama untuk memastikan keadilan bisa hadir untuk semua.

“Hati saya bersama keluarga Floyd dan mereka yang nyawanya hilang akibat aksi brutal rasialisme di dunia,” tutup Jordan dalam pernyataannya.

Seperti diberitakan, eskalasi demonstran yang membela George Floyd tidak terhindarkan lagi. Para demonstran turun ke jalan menuntut keadilan, meminta AS menendang rasialisme, dan sampai menjarah toko-toko sebagai buntut dari besarnya gelombang demonstran. Memasuki hari ketujuh sejak kematian Floyd pada (25/5/2020), aksi protes bahkan meluas hingga Jerman, Inggris, dan Selandia Baru.

George Floyd (46) tewas akibat dianiaya polisi yang menagkap lelaki kulit hitam itu karena diduga melakukan transaksi dengan uang palsu sebesar 20 USD.

Floyd dalam keadaan tangan diborgol saat polisi menginjak lehernya. Perbuatan polisi itu pada akhirnya merenggut nyawa Floyd. Sebuah video penganiayaan itu pada akhirnya viral dan membuat warga Amerika Serikat marah besar. (*/dtc)

Foto : Getty Images