Mobil ESEMKA Suv Garuda Diproduksi di Boyolali

(Berita Terpercaya) – Produksi mobil ESEMKA diam-diam tetap berjalan. Saat ini sedang diproduksi ESEMKA sport utility vehicle ( SUV) Garuda.

Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Sabar Budhi, Senin (14/9/2020), kepada wartawan mengatakan Garuda memang sedang diproduksi. Namun, baru prototipe dulu. Bukan untuk dirilis di pasaran.
Sabar menjelaskan sudah ada rencana untuk peluncuran, tapi mengenai estimasi kepastian waktunya kapan, masih belum diputuskan lantaran satu dan lain hal.

“Kalau dari arahan memang ada kemungkinan untuk diluncurkan, tapi belum tahun ini,” ucap Sabar.
Lebih lanjut Sabar menjelaskan bila informasi yang beredar di media sosial sebelumnya adalah tidak benar. Akun instagram @esemkaofficial_ yang beberapa kali memposting mengenai Esemka dan dijadikan bahan berita itu pun diklaim merupakan akun palsu yang digunakan oleh oknum.

Dalam peresmian pabrik Esemka beberapa waktu lalu, tampak tampilan Garuda 1 secara nyata. Mobil bergenre SUV dengan mesin diesel berkubikasi 2.000 cc tersebut punya visual yang tak kalah gaya dengan jajaran SUV asal Jepang.

Namun, pabrikan mobil yang bermarkas di Demangan, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, tersebut belum juga merilis Garuda ke pasar otomotif Indonesia. Padahal, bila melihat peluang, sejak tahun lalu sampai di masa pandemi sekarang ini pun, tren SUV baik secara global maupun nasional masih naik daun.
Mungkin ada pertimbangan tersendiri, mengingat Esemka memiliki visi nasional yang cukup tinggi. Mulai dari produksi di dalam negeri, sampai menggunakan tenaga ahli dari lulusan SMK yang ada di Jawa Tengah.

Dalam profil perusahaan, PT. Solo Manufaktur Kreasi telah mengantongi izin untuk memproduksi setidaknya delapan jenis kendaraan dengan berbagai variasi yang terdiri dari Esemka Bima 1.0 M/T, Bima 1.2 M/T, Bima 1.3 M/T, Bima 1.3 L M/T, Bima 1.8 D M/T, Digdaya 2.0 M/T, Garuda 2.0 (4×4) M/T, dan Borneo 2.7 D. (*/dtc)

Foto : istimewa