nama nurtanio

Nurtanio, Nama yang Diberikan Presiden Jokowi untuk Pesawat N219

[Berita Terpercaya] Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Pesawat N219 karya LAPAN-PTDI diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo. Nama Nurtanio diambil dalam rangka merepresentasikan Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisurya. Nurtanio adalah pahlawan yang gugur dalam sebuah penerbangan uji coba pesawat Aero 45 atau Arev pada tanggal 21 Maret 1966.

Disampaikan Presiden, Nurtanio adalah sosok pahlawan bangsa yang berjuang tanpa pamrih. Ia mendarmabaktikan seluruh hidupnya untuk kedirgantaraan Indonesia.

Presiden juga berharap kelak pesawat Nurtanio agar terus dikembangkan dan dapat masuk ke dunia industri dan perdagangan. Terus dikembangkan hingga dapat dipasarkan dan dapat mendongkrak perkembangan industri pesawat di Indonesia.

Diketahui pula bahwa pengembangan pesawat N219 dimulai sejak awal 2006 hingga 2008. Namun baru sejak 2014 pesawat tersebut digaungkan secara besar-besaran hingga sekarang.

 

Rencana Pengaplikasian Pesawat Nurtanio dan Produksinya

Selanjutnya, pesawat yang baru mendapat julukan Nurtanio ini akan menjadi tulang punggung penerbangan perintis, khususnya di daerah pegunungan di Indonesia. Diharapkan pula sebagai penyambung tol laut, orientasi pesawat Nurtanio ke depannya pada pengangkutan logistik dan penumpang ke daerah pedalaman.

Pesawat ini rencananya akan diproduksi massal oleh PT DI usai mendapatkan sertifikasi pada 2018 mendatang.

Adapun Presiden Joko Widodo juga menyampaikan menyanggupi anggaran yang mencapai 200 miliar rupiah untuk mengembangkan Nurtanio. Demikian hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdana Kusuma pada Jumat (10/11).


nama nurtanio