roket pemburu eksoplanet

NASA Luncurkan TESS, Roket Pemburu Eksoplanet

[Berita Terpercaya] NASA (Lembaga Luar Angkasa Amerika Serikat) dilaporkan bersiap luncurkan roket pemburu eksoplanet. Roket tersebut akan bekerja mendeteksi planet ‘kembaran Bumi’ serta ada tidaknya tanda-tanda kehidupan seperti di Bumi.

Roket yang dinamai dengan TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) tersebut dirancang untuk misi mencari keberadaan planet ‘kembaran Bumi’ di sekitar tata surya. Selain itu juga untuk mendeteksi ada-tidaknya tanda-tanda kehidupan.

Rencananya TESS diluncurkan pada Senin (16/4) ini dari Pangkalan Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, AS.

Lebih detil, TESS juga akan memonitor keberadaan 20 ribu bintang terdekat menggunakan metode yang sama dengan Kepler saat mendeteksi keberadaan 2.600 eksoplanet. TESS sebagai roket pemburu eksoplanet dilengkapi dengan empat kamera untuk mengabadikan pergerakan yang terjadi di luar angkasa.

Sara Seager, profesor astrofisika Institut Teknologi Massachusetts mengungkapkan bahwa TESS pada dasarnya ibarat katalog atau buku telepon. Bertugas untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di dunia lain. Seager juga optimis bahwa TESS akan mampu menemukan planet yang serupa dengan bumi. Selain itu juga memiliki ukuran dan komposisi berbatu dan suhu yang dapat menunjang kehidupan.

baca: Bintang Baru Dikelilingi Delapan Planet Ditemukan

Kelak Disusul dengan Peluncuran Teleskop James Webb

Pasca TESS sebagai roket pemburu eksoplanet berhasil melaksanakan tugasnya,  NASA berencana akan menurunkan teleskop James Webb. Teleskop ini kelak akan dapat menjangkau seluruh semesta pada 2020. Selain itu teleskop James Webb juga diklaim sebagai penerus teleskop Hubble yang telah dioperasikan sejak 1990.

NASA juga dilaporkan membawa kargo dalam peluncuran TESS yang diperuntukkan bagi para astronaut di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).


agen togel terpercaya