Ombak Hantam Perahu Nelayan di Pantai Glagah, Santarjan Tewas

(Berita Terpercaya) – Ombak laut Selatan menghantam perahu nelayan di kawasan Pantai Glagah Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Seorang nelayan asal Cilacap, Jawa Tengah, Santarjan (61), tewas usai mengalami kecelakaan laut tersebut, Rabu (10/11/2021) sekitar pukul 07.00 WIB.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo, Aris Widyatmoko, kepada wartawan, Rabu (10/11/2021) mengatakan, Santarjan dinyatakan meninggal saat dalam perawatan di rumah sakit. Sementara itu, perahu yang ditumpangi korban dalam keadaan rusak berat akibat dihantam ombak.

Dikatakan Aris, kecelakaan tersebut  bermula saat Santarjan bersama seorang rekannya, Sumardi Purwosentono (66) warga Sengkretan, Kulon Progo hendak melaut menggunakan perahu tempel di wilayah Pantai Glagah pukul 07.00 WIB. Perahu yang bernama “Senang Hati” itu bertolak dari Pelabuhan Tanjung Adikarta melalui muara Sungai Serang.

Namun, nahas tiba ketika mereka masuk ke laut. Perahu tidak berhasil melewati ombak tinggi di pantai yang terletak di Kapanewon Temon itu. Akibatnya, perahu yang mereka tumpangi terbalik dan akhirnya pecah setelah menghantam gugusan konstruksi beton pemecah ombak.

Tim SAR bersama warga setempat yang melihat kejadian itu langsung memberikan pertolongan. Dua korban berhasil dievakuasi, tapi salah seorang di antaranya, yakni Santarjan tak bisa tertolong.

“Saat kami evakuasi kondisinya (Santarjan) sudah terluka parah pada bagian dada dan perutnya. Korban meninggal di Rumah Sakit Rizki Amalia Temon,” jelas Aris.

Dihubungi terpisah, Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, mengatakan polisi telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari sejumlah saksi mata terkait kecelakaan tersebut. Untuk sementara kejadian ini dinyatakan kecelakaan karena faktor alam.

“Kami mengimbau kepada warga dan nelayan untuk lebih hati-hati saat akan masuk ke laut, karena kondisi gelombang cukup tinggi. Imbauan ini juga berlaku bagi para wisatawan, harap hati-hati saat sedang bermain di pantai,” pesan Jeffry. (*/dtc)

Foto : ist./dok. Humas Polres Kulon Progo