belanja kartu SIM

Operator Belanja Kartu SIM Rp 2 Triliun Setiap Tahun Dinilai Pemborosan

[Berita Terpercaya] Adanya kebijakan registrasi kartu prabayar diyakini Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dapat menekan belanja kartu SIM oleh operator seluler. Menurut Rudiantara, operator dapat menghemat Rp 2 triliun dari pembelian 500 juta kartu SIM setiap tahunnya dari luar negeri.

Sementara menurut laporan CNNIndonesia.com, harga per kartu SIM diketahui berkisar US$ 0,5 atau sekitar Rp 6.500. Belanja kartu SIM sebesar itu sebetulnya dapat digunakan untuk memperbaiki, memelihara, dan membangun jaringan. Selain itu juga dapat dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk produk. Demikian hal itu dikatakan Rudiantara pada Kamis (4/5).

Produk dalam hal ini diungkapkan Rudiantara adalah berupa layanan seluler yang lebih tepat guna. Selain itu juga didasarkan atas kebutuhan para pelanggannya. Ia mencontohkan misalnya operator dapat menawarkan produk spesial Hari Kartini khusus kepada pelanggan yang bermukim di kota Jepara.

Hal itu juga dikemukakan oleh Ridwan Effendi dari Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB. Ia juga setuju terkait penghematan pengeluaran operator seluler. Menurutnya kas operator seluler dapat dihemat lagi secara signifikan, karena selama ini belanja kartu SIM dan biaya promosi sudah cenderung berlebihan dan kontraproduktif.

baca: Proses Registrasi dan Pemblokiran Kartu SIM Menurut Pihak Operator

Sudah Tidak Efektif, Pengeluaran Operator Lewat Belanja Kartu SIM

Menurut Ridwan, selama ini operator bisa menjual harga kartu SIM Rp 2.000 dan harga itu sangat murah dibandingkan dengan ongkos yang mereka keluarkan. Itupun masih ditambah dengan promo-promo lainnya oleh operator melalui telepon.

Cara berebut pelanggan lewat promosi kartu perdana dan menurutnya hanya membuat operator ujung-ujungnya tekor. Sementara diketahui bahwa jumlah pelanggan seluler yang diperebutkan juga cenderung stagnan. Jadi Belanja kartu SIM hingga triliunan rupiah dinilai sudah sia-sia dan sudah tidak efektif.

Ia menambahkan bahwa saat ini operator sebaiknya lebih mengutamakan bersaing dalam soal layanan dan bukan lagi lewat kartu perdana.


sbobet88