pat torpey

Pat Torpey, Tetap Bersama Mr. Big hingga Akhir Hayat

[Berita Terpercaya] Pat Torpey, pemain drum Mr. Big tahun 1988-2002, dan 2009-2014, dilaporkan meninggal dunia pada Rabu (7/2). Menurut laporan dari ultimateclassicrock.com, penyebab meninggalnya Pat Torpey adalah komplikasi dari penyakit Parkinson. Diketahui sebelumnya ia didiagnosis menderita penyakit tersebut pada 2014.

Pat Torpey Lahir di Cleveland pada 14 Desember 1953. Ia pun mulai bermain drum saat ia berusia tujuh tahun. Selanjutnya dikabarkan pindah ke Los Angeles pada tahun 1983. Ia menghabiskan beberapa waktu tur dengan Tina Turner dan Belinda Carlisle dan bergabung dengan Knack.

Debutnya tersebut menarik perhatian Paul Gilbert dan Billy Sheehan, yang ketika itu sedang membentuk grup baru bersama Eric Martin hingga album “Big” dirilis pada tahun 1989. Album “Lean Into It” yang merupakan album kedua Mr Big pada 1991 akhirnya mampu menerobos ke posisi nomor 15 di tangga lagu Billboard 200 Album. Terobosan itu pula yang mengantarkan album tersebut menjadi platinum dengan kekuatan single “To Be With You”.

baca juga >>> Ratusan Penggemar Berkumpul Jelang Pemakaman Dolores O’Riordan

Tetap Bermain Bersama Mr. Big

Sayangnya kesuksesan Mr. Big tidak bertahan kecuali di Jepang. Pasalnya diketahui di negara matahari terbit tersebut mereka memiliki banyak penggemar dan pengikut.

Paul Gilbert pun pada akhirnya digantikan oleh Richie Kotzen pada tahun 1997. Mereka bubar setelah melakukan tur di belakang 2001’s Actual Size.

Lineup asli Mr. Big bersatu kembali pada tahun 2009 dan merilis album “What If …” pada 2011. Selanjutnya album “The Stories We Could Tell”  dirilis, usai diagnosis penyakit Pat Torpey dipublikasikan pada 2014. Torpey pun kemudian digantikan posisinya oleh Matt Starr.

Meskipun posisinya telah digantikan, Pat Torpey diketahui tetap bekerja bersama band Mr. Big. Ia kemudian dikreditkan sebagai “produser drum” untuk album “Defying Gravity” pada tahun lalu. Saat itu ia diketahui memang berkontribusi pada vokal dan perkusi latar belakang dalam tur untuk album tersebut.


pat torpey