Pekerjaan astronot di nasa

Mengintip Pekerjaan Astronot di NASA

[Berita Terpercaya] Pembayaran awal cukup bagus bagi mereka yang memiliki pekerjaan astronot di nasa. Pekerjaan berbayar tinggi ini tergantung pengalaman, sulit didapat, dan banyak orang menginginkannya.

Seperti dikuti dalam CNN,  Amerika tengah bersiap menghadapi era baru ruang angkasa manusia. Ada rencana untuk mencoba mencapai luar bulan dan mungkin ke Mars. Hal ini juga didukung dari sektor komersial yang berkembang yang didorong oleh perusahaan seperti Boeing dan Space X.

Ketika NASA pergi mencari kelas baru trainer astronot, ada 18.300 aplikasi. Hanya 12 yang terpilih. NASA menetapkan bahwa pelamar yang memenuhi syarat harus memiliki gelar sarjana di bidang sains, teknologi, teknik atau matematika. Studi pascasarjana atau pengalaman kerja juga dibutuhkan. Badan antariksa telah melatih astronot dengan segala latar belakang – seperti dokter medis, ahli kelautan, bahkan dokter hewan.

Tuntutan fisik bisa menjadi berat. Pelamar membutuhkan penglihatan yang baik, memiliki tinggi badan yang cukup dan memiliki tekanan darah yang baik (di bawah 140/90″ dalam posisi duduk). Kandidat juga harus lulus tes ketahanan yang sulit dan mengesankan tim NASA selama serangkaian wawancara.

Lalu apa?

Mereka yang telah lolos seleksi akan memasuki periode “training and evaluation” selama dua tahun. Proses tersebut ibarat mereka mengejar gelar sarjana empat tahun penuh yang dikompres menjadi dua tahun. Mereka pun tidak ada libur musim panas.

Beberapa hal yang mereka lakukan selama periode “training and evaluation” antara lain:

  • Berenang lap di kolam 25 meter dan tapak air selama 10 menit sambil mengenakan jas terbang dan sepatu tenis.
  • Menjadi SCUBA bersertifikat. (Lingkungan bawah air sebenarnya sangat mirip dengan ruang hampa udara).
  • Naik naik turun pesawat jet untuk meniru lingkungan gravitasi nol di luar angkasa. Trainee mungkin mengambil 40 wahana ini dalam satu hari.
  • Belajar bahasa Rusia. Astronot harus bisa berbicara dengan kosmonot di stasiun luar angkasa dan berkomunikasi saat peluncuran.

Sejak Amerika Serikat mengundurkan diri dari program Space Shuttle pada tahun 2011, kendaraan antariksa Rusia mengangkut astronot Amerika ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Astronot juga harus merasa nyaman dengan pakaiannya sendiri saat mereka berjalan di luar angkasa. NASA mengatakan bahwa tidak seperti yang Anda lihat di bioskop. Mereka merasakan panas dan tidak nyaman.

Tugas Astronot selama perjalanan di luar angkasa meliputi eksperimen, melakukan penelitian atau memperbaiki perangkat keras. Tugas-tugas itu menghabiskan sebagian besar waktunya. Selain itu mereka juga memotret, menangkap video dan telepon rumah ke keluarga mereka.

Seperti apa bayaran pekerjaan astronot di nasa?

Ini adalah kerja cinta. “Tidak ada yang kaya,” kata Donald Pettit, astronot aktif tertua (62 tahun) NASA yang memiliki sekitar dua dekade pengalaman astronot di bawah ikat pinggangnya.

NASA mengatakan gaji tahunan untuk kandidat astronot – yang pertama kali dimulai – berkisar dari $ 66.026 per tahun sampai $ 144.566. Nilai tersebut ditentukan sesuai dengan prestasi akademik masing-masing individu dan pengalaman, jelas NASA.

Astronom penuh bisa menghasilkan hingga $ 150.063 per tahun berdasarkan tarif 2017, kecuali jika mereka masuk melalui militer. Anggota tugas aktif dibayar berdasarkan tarif militer, yang sangat bervariasi tergantung pada peringkat dan tahun pengalaman mereka.

NASA juga menempatkan beberapa batasan pada astronot untuk mencegah keuntungan finansial pribadi. Pettit telah melakukan lebih banyak misi jangka panjang. Secara total, dia tinggal di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional selama lebih dari enam bulan. Meski begitu, dia hanya memiliki satu hari libur per minggu.