pelantikan presiden zimbabwe yang baru

Presiden Zimbabwe Yang Baru Dilantik Hari Ini

[Berita Terpercaya] Pelantikan Presiden Zimbabwe yang baru, Emmerson Mnangagwa akan dilaksanakan pada hari ini, Jumat, 24 November 2017. Pelantikan tersebut dilaksanakan terkait pengunduran diri Robert Mugabe selepas memerintah selama 37 tahun secara otoriter.  Mantan wakil presiden itu kembali dari pengasingan pada hari Rabu dan akan dilantik di Stadion Harare.

Mnangagwa diketahui mengasingkan diri ke Afrika Selatan setelah pemecatannya oleh Mugabe. Pemecatan tersebut justru memicu terjadinya krisis politik di Zimbabwe yang menyebabkan Mugabe ditahan oleh militer di kediamannya. Selain itu, pemecatan tersebut juga menyebabkan Mugabe ditentang oleh partai berkuasa Zanu-PF dan terancam pemakzulan oleh parlemen.

Berita pemunduran diri Mugabe pun akhirnya datang pada Selasa, yang kemudian serta merta memicu perayaan di seluruh negeri. Datangnya berita tersebut dalam bentuk sebuah surat yang dibacakan di parlemen. Seketika itu juga proses pemakzulan terhadap Mugabe pun terhenti.

Melalui surat tersebut Mugabe menyatakan secara sukarela mengundurkan diri agar perpindahan kekuasaan dapat berjalan secara mulus dan damai. Wakilnya yang telah ia pecat akan menggantikannya sebagai Presiden dan dilantik pada hari ini, Jumat, 24 November 2017.

Atas pemunduran diri tersebut, pemerintah Zimbabwe akan menjamin imunitas terhadap Mugabe dari segala penuntutan hukum. Pihak pemerintah juga akan menjamin keselamatan Mugabe di negeri asalnya tersebut.

Pihak oposisi mendesak Mnangagwa, yang telah menjadi bagian dari elit penguasa, agar ke depannya segera mengakhiri “budaya korupsi”.

Jelang Pelantikan Presiden Zimbabwe Yang Baru

Upacara tersebut akan diselenggarakan di Stadion Olah Raga Nasional berkapasitas 60.000 di ibu kota. Panitia meminta warga Zimbabwe untuk datang dan menyaksikan hari yang bersejarah tersebut.

Jelang pelantikannya, Mnangagwa mendesak warga Zimbabwe untuk “tetap sabar dan damai dan berhenti dari bentuk pembalasan dendam”.

 


pelantikan presiden zimbabwe yang baru