program pemerataan listrik

Kementerian ESDM Bangun Jaringan Listrik di 1.096 Desa

[Berita Terpercaya] Pemerintah Indonesia akan membangun jaringan listrik di 1.096 desa. Pelaksanaan dari rencana pembangunan tersebut ditangani oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Demikian hal tersebut dikemukakan oleh Wawan Supriatna, Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Dituturkan oleh Wawan, energi merupakan instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial, oleh karenanya energi harus tersedia secara merata dan terjangkau. Melalui program oleh kementrian ESDM tersebut diharapkan pemerataan energi dapat segera teratasi, terutama untuk daerah perbatasan dan daerah terpencil.

 

Rincian Program Pemerataan Listrik oleh Kementerian ESDM

Secara rinci pada 2017, pemerintah membangun pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 3.380 kW  beserta pembangkit listrik mikrohidro berkapasitas 2.022 kW. Wawan meyakini dengan pembangunan tersebut akan dapat menerangi 10.315 keluarga di 62 desa dan 80.332 keluarga di 1.034 desa.

Program pemerataan listrik lainnya adalah mengurangi subsidi listrik untuk pembangkit listrik tenaga diesel. Selebihnya juga program mengurangi emisi gas rumah kaca serta penghematan energi.

Wawan menambahkan, pemerintah juga berupaya menyalakan 80.332 rumah di lima provinsi dengan menyediakan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE). Implementasinya, lampu akan dibagikan kepada masyarakat yang berada di luar jaringan PLN dan bergantung pada tenaga surya.


program pemerataan listrik