pengumpulan data otomotif nasional

Pemerintah akan Kelola Langsung Data Penjualan Otomotif

[Berita Terpercaya] Tanggung jawab sebagai pengumpulan data otomotif nasional disebut-sebut akan dikelola langsung oleh pemerintah. Rencananya Tidak akan lagi dilakukan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Berdasarkan laporan, pengumpulan data penjualan wholesales masing-masing APM (Agen Pemegang Merek) ke depannya akan dikelola oleh pemerintah. Pemerintah melalui Kemenperin selanjutnya akan membuat aturan dan system terkait pengelolan data penjualan masing-masing perusahaan. Demikian hal itu dijelaskan Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Taufik Ahmad kepada CNNIndonesia.com, pada Selasa (13/3).

Selanjutnya Kemenperin juga diinformasikan tengah menggodok peraturan untuk mengumpulkan data bagi seluruh pelaku industri. Aturan tersebut diketahui merupakan turunan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, mengenai Sistem Informasi Industri Nasional (SIIN).

Adanya peraturan pada intinya menekankan kepada setiap industri untuk menyampaikan data industri secara wajib dengan akurat, lengkap, dan tepat. Pelaporannya juga diwajibkan dilakukan secara rutin, yakni setiap enam bulan sekali. Pasalnya hal itu ditujukan untuk memantau kesehatan masing-masing perusahaan.

Berita Terkait:

Belum Pasti, Kapan Dimulainya Pengumpulan Data Otomotif Nasional oleh Pemerintah

Betapapun demikian, terkait kapan mulai dilakukannya pengumpulan data otomotif nasional tersebut oleh pemerintah, masih belum dapat dipastikan. Taufik menambahkan bahwa sudah seharusnya pengumpulan data industry otomotif dilakukan langsung oleh regulator (pemerintah).

Taufik juga menegaskan bahwa KPPU belum membawa kasus pengumpulan data yang selama ini dilakukan Gaikindo ke ranah hukum. Sementara berdasarkan penilaian KPPU, potensi penyalahgunaan data diterima oleh asosiasi tetap dimungkinkan.

Pihak KPPU juga diketahui sejauh ini masih melakukan analisa, terkait adanya regulasi pajak dan hal lainnya. Pasalnya analisa tersebut menjadi penting karena berkaitan dengan landasan KPPU dalam pengumpulan data.


Butuh info dan berita lengkap seputar Jogja? Klik langsung di sini.