Aktivitas Pariwisata di Perairan Gili Matra Tibulkan Kekhawatiran

[Berita Terpercaya] Aktivitas pariwisata yang terus berlangsung di perairan Gili Matra, Kabupaten Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat dilaporkan menimbukan kekhawatiran Balai Bio Industri Laut, Pusat Penelitian Oseanografi.

Dikemukakan Kepala Balai Bio Industri Laut, Hendra Munandar, tidak sedikit limbah yang dibuang ke laut. Limbah tersebut berupa minyak dari mesin kapal, buangan limbah air dari hotel, termasuk juga limbah usaha pencucian baju.

Sebagaimana dilaporkan CNN Indonesia, selama ini perairan Teluk Nare, dimanfaatkan untuk penelitian memproduksi benih. Selain juga digunakan untuk pembesaran mutiara laut. Air lautnya juga dilaporkan dimanfaatkan untuk penelitian benih teripang, abalon, lobster dan turbo di dalam laboratorium.

Terkait hal tersebut, Hendra mengatakan, meningkatnya aktivitas pengangkutan wisatawan di perairan Gili Matra tersebut dapat berpengaruh terhadap kualitas permukaan air laut. Terlebih, aktivitas pariwisata dari dermaga Teluk Nare menuju kawasan Gili Matra dan sebaliknya tergolong tinggi.

Sejauh ini dilaporkan kualitas perairan Teluk Nare masih relatif aman. Hal ini karena belum adanya gangguan terhadap kehidupan biota laut. Namun demikian, menurut Hendra, bukan berarti bahwa di area tersebut potensi ancaman terhadap degradasi lingkungan perairan laut tidak ada.

baca: Penyitaan Kapal Pesiar Mewah di Bali, Dikecam Pemiliknya

Tidak Memiliki Kewenangan

Ditambah lagi Balai Bio Industri Laut tidak memiliki kewenangan untuk menyampaikan teguran kepada para pemilik perahu cepat. Demikian halnya kepada pelaku usaha lainnya yang memanfaatkan laut sebagai tempat pembuangan limbah air. Mereka diketahui sudah mengantongi perizinan dari pemerintah daerah.

Selanjutnya, Balai Bio Industri Laut berharap agar pemerintah daerah dan pusat turut memikirkan upaya menjaga kualitas perairan laut. Hal itu menjadi penting bagi Balai Bio Industri Laut dalam upaya agar flora dan fauna di sekitar kawasan wisata tersebut tetap lestari.


sbobet88