Perupa Perkuat Sektor Pangan dengan Pameran Daring “Resoilnation”

(Berita Terpercaya) – Sebuah even pameran seni rupa secara daring dihelat Koperasi Seniman dan Budayawan (KOSETA) Yogyakarta, 25 Juli hingga 25 September 2020 melalui laman web resoilnation.id. Even bertajuk Resoilnation itu diikuti perupa sejumlah 23 orang dengan menggeber sedikitnya 40 karya berupa lukisan, patung, dan fotografi hasil kurasi sineas Garin Nugroho.

Di sela-sela pembukaan pameran Garin Nugroho mengungkapkan apresiasinya. Ia melihat  Resoilnation menyimpan tujuan yang tidak biasa.

“Karya-karya ini menjadi sebuah daya untuk memperkuat sektor pangan melalui penciptaan lahan-lahan pertanian baru,” ungkap Garin, Sabtu (25/7/2020) sore di Eclipse Hotel Yogyakarta.

Sementara itu, sebagai pelindung program, GKR Mangkubumi saat membuka pameran menyampaikan, Resoilnation memiliki misi memperkuat sektor pangan melalui penciptaan lahan-lahan pertanian dan lumbung pangan. Karenanya, menurut putri sulung Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, usaha para perupa perlu didukung dan disebarluaskan.

Dalam even tersebut, KOSETA mendapat dukungan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19, yaitu Jogja Economic Resilience for Covid-19 (JERCovid-19). Melalui kerja sama kemitraan, JERCovid-19 akan memaksimalkan berbagai usaha untuk memberikan dorongan berupa upaya pemulihan roda perekonomian paskapandemi.

Direktur Program Risang Yuwono meyakini masa pandemi Covid-19 merupakan momentum bagi para penggerak dunia seni untuk menemukan motivasi baru dalam proses pengkaryaan dan berkesenian sebagai pemaknaan kembali manifestasi kesenian dan kebudayaan.

Dalam program tersebut, selain kemitraan bersama JERVovid-19, Resoilnation juga didukung penuh oleh pandi.id, Citrahost dengan dukungan berupa penciptaan website E-commerce bagi karya seni serta sebuah hibah berupa domain dan hosting bagi lebih dari 25 seniman dan budayawan yang tergabung dalam program Resoilnation.

Inisiator pameran Risang Yuwono mengatakan, Resoilnation bukan saja alih–alih pemuas jiwa dalam proses kesenian, namun lebih dari itu. Seluruh karya yang diharapkan dapat terjual dari even tersebut akan didedikasikan untuk membuka lahan pertanian di daerah Desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Berkerja sama dengan para kelompok tani lokal dan beberapa instansi pengembang pertanian, program seni untuk pertanian yang berkelanjutan ini diharapkan dapat memberi dampak nyata bagi segenap lapisan masyarakat.

Aditya Prakoso mewakili Direktur PT Citraweb Digital Multisolusi menambahkan, even pameran secara daring bagi pihaknya yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi dan sekaligus mitra dari Pandi, seperti mendapatkan suntikan semangat baru di tengah kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang ini.

“Ini adalah semangat yang sama untuk membantu rekan-rekan seniman dan budayawan dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan teknologi melalui berbagai tools, seperti email dan website adalah sebuah upaya dan komitmen bersama yang terjalin antara Citrahost, GudegNet dan Resoilnation,“ ujarnya.

Citrahost dan Pandi merupakan mitra sekaligus sponsor kegiatan Resoilnation yang telah membakukan komitmennya dalam pemberian hibah hosting, domain, dan website bagi seluruh perupa partisipan dan Koperasi Seniman dan Budayawan (KOSETA). (sar)

Foto : Dok. KOSETA Yogyakarta