Polisi dalam Kasus Ratna: Sangat Mungkin Ada Tersangka Lain

(Berita Terpercaya) – Opini publik dalam kasus penyebaran hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet meyakini bahwa Ratna tidak akan sendiri menjadi tersangka. Dan hal ini ternyata dikuatkan oleh pihak kepolisian selaku penyidik.

Setelah menetapkan Ratna sebagai tersangka dan kemudian ditahan berdasarkan surat SPH/925/10/2018 Ditreskrimum Polda Metro Jaya selama 20 hari terhitung Jumat (5/10/2018), pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, kemarin mengiyakan hal tersebut.

“Semua kemungkinan (adanya tersangka lain) bisa terjadi ya. Tergantung pada penyidik, nanti saja,” kata Argo Yuwono.

Tapi seperti apakah hasil penyidikan yang dilakukan terhadap Ratna. Bukti-bukti apa yang telah didapat sehingga bisa menyeret pihak lain sebagi tersangka baru, polisi belum mau mengatakan. “Itu (hasil pemeriksaan) nanti ya. Untuk keterangan yang bersangkutan kita belum bisa menyampaikan secara rinci,” kata Argo.

Kasus yang menimpa Ratna bukanlah kasus kecil. Ia dianggap melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45, dengan ancaman 10 tahun.

Adapun soal alasan polisi menahan Ratna, Argo mengatakan karena penyidik khawatir yang bersangkutan melarikan diri. “Jadi kenapa dilakukan penahanan, alasannya subyektivitas penyidik, jangan sampai melarikan diri, mengulangi perbuatannya, dan menghilangkan barang bukti,” kata Argo. (*/sdr)